Senin, 14 Oct 2019
radarmadura
icon featured
Features

Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Toni Harmanto Kunjungi Madura

19 April 2019, 14: 27: 06 WIB | editor : Abdul Basri

CEK KEAMANAN: Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Harmanto dan Ketua KPU Pamekasan Moh. Hamzah mengecek gudang penyimpanan logistik pemilu di Kelurahan Bugih, Kecamatan Kota Pamekasan, kemarin.

CEK KEAMANAN: Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Harmanto dan Ketua KPU Pamekasan Moh. Hamzah mengecek gudang penyimpanan logistik pemilu di Kelurahan Bugih, Kecamatan Kota Pamekasan, kemarin. (PRENGKI WIRANANDA/RadarMadura.id)

Share this      

Kondusivitas warga menjadi atensi kepolisian. Perwira tinggi Polri silih berganti bertandang ke Bumi Gerbang Salam. Kini giliran Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Toni Harmanto.

PRENGKI WIRANANDA, Pamekasan

LANGIT cerah membungkus Bumi Ratu Pamelingan kemarin (18/4). Gemuruh dari udara bergelegar menyita ribuan pasang mata menatap sumber bunyi. Bunyi itu berasal dari boling-baling helikopter putih milik Polda Jatim.

Transportasi udara menyerupai capung itu bukan kali pertama mendarat di helipad SMAN 3 Pamekasan. Sehari sebelumnya, helikopter itu mendarat di tempat yang sama.

Bedanya, sebelumnya transportasi udara warna putih kombinasi oranye itu membawa Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan. Sementara kemarin, membawa Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Harmanto.

Tujuan perwira tinggi Polri itu datang ke Pamekasan sama. Mereka ingin memastikan hajat demokrasi lima tahunan berjalan aman dan lancar tanpa gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Di sepanjang Jalan Pintu Gerbang, Kelurahan Bugih, Kecamatan Kota Pamekasan, berdiri sejumlah polantas dan satbrimob. Personel satuan brigade mobil itu berpakaian hitam lengkap dengan penutup wajah.

Di tangannya, bertengger senjata laras panjang. Warga yang lalu-lalang dihentikan sementara setelah mobil Pajero Sport hitam keluar dari SMAN 3 Pamekasan. Wakapolda beserta rombongan melaju ke Kantor KPU Pamekasan di Jalan Brawijaya, Kelurahan Jungcangcang.

Di markas penyelenggara pemilu itu, puluhan personel kepolisian menunggu. Ketua KPU Pamekasan Moh. Hamzah juga menanti kedatangan tamu.

Dari kantor KPU, Toni Harmanto bergeser ke gudang penyimpanan logistik pemilu di Kelurahan Bugih, Kecamatan Kota Pamekasan. Kedatangan Wakapolda juga disambut Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo. ”Kita dengan TNI dan semua instansi sama-sama menjamin proses pelaksanaan tahapan pemilu,” katanya.

Alumni Akpol 1988 itu mendatangi Kantor KPU Pamekasan di Jalan Brawijaya, Kelurahan Jungcangcang. Toni mengatakan, pemilu di kota Gerbang Salam terpantau lancar dan aman. Kondusivitas di tengah masyarakat terjaga. Keamanan itu diharapkan tetap berlangsung hingga proses pemilu selesai.

Pengamanan akan terus dilakukan secara intens hingga tahapan pemilu selesai. Rekapitulasi di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan kabupaten mendapat pengamanan dengan maksimal.

Kondusivitas tersebut berkat kerja sama seluruh pihak. Dengan demikian, secara kelembagaan dan pribadi, perwira asal Jakarta itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam menciptakan pemilu aman, damai, dan lancar. ”Terima kasih untuk jajaran TNI-Polri,” katanya.

Ketua KPU Pamekasan Moh. Hamzah mengatakan, Wakapolda berkunjung ke seluruh kabupaten di Madura. Mantan Karojianstra Sops Mabes Polri itu memberi motivasi kepada jajaran Polri untuk terus semangat mengamankan seluruh tahapan pemilu. ”Kami sampaikan terima kasih atas kunjungannya kepada Bapak Wakapolda,” katanya.

Hamzah mengatakan, tahapan pemilu sekarang rekapitulasi hasil pemilihan di tingkat kecamatan. Penghitungan di tingkat tempat pemungutan suara (TPS) tuntas tanpa kendala berarti.

Rekapitulasi mendapat pengamanan dari aparat. Tahapan tersebut diharapkan berjalan lancar seperti tahapan sebelumnya. ”Semoga seluruh tahapan pemilu berjalan dengan lancar,” tandasnya.

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia