Jumat, 23 Aug 2019
radarmadura
icon featured
Sumenep

Belasan Siswa SLTA Pasti Tak Lulus

15 April 2019, 01: 42: 32 WIB | editor : Abdul Basri

Belasan Siswa SLTA Pasti Tak Lulus

Share this      

SUMENEP – Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2019 jenjang SMA/SMK/MA sudah digelar. Namun, tidak semua peserta mengikuti UNBK. Tercatat ada 16 siswa drop-out dari 12.486 peserta ujian di Sumenep. Mereka tersebar di 293 SMK/SMA/MA (lihat grafis).

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Timur (Jatim) Wilayah Sumenep Sugiono Eksantoso menyampaikan, belasan siswa yang tidak ikut ujian karena beberapa faktor. Di antaranya tanpa keterangan. Siswa yang drop-out jelas dinyatakan tidak lulus. Sebab, tidak mengikuti UNBK maupun ujian susulan.

”Itu jumlah yang kami temukan. Berdasarkan laporan dari sejumlah sekolah yang siswanya tidak ikut ujian,” ungkapnya kemarin (14/4).

Menurut dia, siswa yang drop-out lebih banyak di kepulauan. Untuk itu, pihaknya akan mengevaluasi masalah siswa yang batal ikut ujian. Dengan demikian, dapat diminimalkan pada pelaksanaan UNBK 2020.

”Di kepulauan, di setiap lembaga, ada 1 sampai 2 orang. Angka itu kami ketahui setelah ada laporan dari sekolah-sekolah,” kata Sugiono.

Selain itu, ada juga siswa SMK yang ikut ujian susulan. Satu peserta ujian berhalangan ikut UNBK bersama karena sakit. Kemudian, satu siswa SMA memaksakan ikut ujian meski dalam kondisi sakit.

”Satu siswa SMKN 1 Sumenep ikut ujian susulan karena sakit. Kalau yang SMA itu juga sakit, tapi dipaksakan ikut UNBK. Ikut di sesi kedua. Dari SMAN 1 Ambunten,” jelas mantan Kepala Cabang Disdik Jatim Wilayah Lumajang itu.

Secara umum pelaksanaan UNBK di Sumenep tahun ini lancar. Meskipun, beberapa sekolah di kepulauan masih melaksanakan UNBK secara offline. Juga ada kendala listrik dan jaringan.

Listrik di kepulauan terkadang masih mengalami gangguan. Hal itu dirasakan 18 sekolah. Untuk itu, pihaknya mengajukan sebanyak 18 bantuan genset. Kemudian, alat lintasarta untuk mendukung jaringan sekolah-sekolah. ”Hanya itu kendalanya. Provinsi siap membantu,” tukasnya.

(mr/bad/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia