Jumat, 19 Apr 2019
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Banjir Surut, Warga Pamekasan Bersihkan Gorong-Gorong

14 April 2019, 18: 51: 08 WIB | editor : Haryanto

KOMPAK: Warga Jalan KH Hasan Sinhaji Kelurahan Jungcangcang bersih-bersih.

KOMPAK: Warga Jalan KH Hasan Sinhaji Kelurahan Jungcangcang bersih-bersih. (Santi Stia Wardani/RadarMadura.id)

PAMEKASAN - Banjir yang terjadi mulai Sabtu (13/4) malam, akhirnya surut pada Minggu dini hari (14/4). Warga Jalan KH Hasan Sinhaji, Jalan Gazali, Jalan Segara, Jalan Parteker, Jalan Patemon dan Jalan Trunojoyo pun bersih-bersih.

Joni, salah satu korban banjir mengaku langsung kerja bakti setelah air surut sekitar pukul 04.00. Selain membenahi rumah, Joni dan tetangganya juga membersihkan gorong-gorong yang tersumbat tumpukan sampah.

"Kerja bakti ini dilakukan untuk mengantisipasi datangnya banjir susulan. Jika gorong-gorong bersih, aliran air akan lebih lancar," ungkap pria berusia 37 tahun itu.

Dijelaskan, warga khawatir terjadi banjir susulan. "Saya berharap pemkab melakukan pengerukan sungai dan memperbaiki gorong-gorong yang kondisinya sudah tidak layak," imbuhnya.

Budi Cahyono, Supervisor Pusdalops BPBD Pamekasan mengungkapkan, ada empat kecamatan yang terdampak banjir. Rinciannya Kecamatan Pademawu, Palenga'an, Proppo dan Kecamatan Kota Pamekasan.

"Data sementara yang dihimpun BPBD Pamekasan, sebanyak 325 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir. Paling banyak di wilayah kecamatan kota," tukas Budi.

Dijelaskan, BPBD telah memberi bantuan tanggap darurat saat proses evakuasi. Data warga yang terdampak banjir akan dilaporkan ke bupati. Selanjutnya, diserahkan ke dinas sosial guna mendapat bantuan.

"Warga Pamekasan diminta tetap waspada terhadap potensi banjir susulan. Sebab, memang diprediksi terjadi banjir susulan," himbau Budi. (Santi Stia Wardani)

(mr/*/yan/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia