Jumat, 19 Jul 2019
radarmadura
icon featured
Sumenep

Jaga Semangat Siswa Kepulauan, Disdik Apresiasi Peran Guru

10 April 2019, 06: 25: 59 WIB | editor : Abdul Basri

CERIA: Siswa-siswi SDN Arjasa 1, Pulau Kangean, Sumenep, bermain di halaman sekolah saat jam istirahat beberapa waktu lalu.

CERIA: Siswa-siswi SDN Arjasa 1, Pulau Kangean, Sumenep, bermain di halaman sekolah saat jam istirahat beberapa waktu lalu. (MUSTAJI/RadarMadura.id)

Share this      

SUMENEP – Kondisi pendidikan di kepulauan memang sedikit tertinggal dibandingkan dengan daratan. Meski begitu, semangat belajar para siswa di kepulauan harus tetap dijaga.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep Muhammad Saidi. Dia sangat mengapresiasi semangat belajar siswa di kepulauan. ”Kita harus akui masih banyak kekurangan, baik dari segi fasilitas maupun hal lain. Tapi kalau soal semangat, anak kepulauan adalah juaranya,” katanya.

Dari pengamatan RadarMadura.id selama mengikuti tim review aset Disdik Sumenep di Pulau Kangean, memang masih banyak kekurangan. Meski begitu, banyak siswa yang tetap memilih bersekolah di tengah banyaknya kekurangan.

”Kita pasti mudah menemukan siswa yang tidak pakai sepatu ke sekolah di kepulauan. Bukan karena basah dicuci, tapi memang karena tidak punya atau punya tapi rusak. Di tengah kekurangan itu, mereka masih semangat untuk menimba ilmu di sekolah,” ungkap Saidi.

Saidi berharap, program Lamak Teker yang digagas Disdik Sumenep bisa menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman untuk siswa. Lamak Teker adalah akronim dari program Sekolah Ramah Anak, Toleran, dan Berkarakter.

”Tahun ini kami ada program Lamak Teker. Harapannya, dengan program ini, sekolah bisa menjadi tempat yang nyaman bagi anak untuk belajar dan bermain. Jadi, anak tidak akan bosan datang ke sekolah,” terangnya.

Lebih lanjut Saidi juga menyampaikan terima kasih kepada para guru yang sudah mengabdikan dirinya untuk membimbing siswa di wilayah kepulauan Sumenep. ”Kami tahu tidak mudah bertugas di kepulauan, tapi percayalah perjuangan kita sebagai guru tidak akan sia-sia,” tandas Saidi.

(mr/aji/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia