Minggu, 15 Sep 2019
radarmadura
icon featured
Politik Pemerintahan

Bawaslu Dinilai Ciut Tangani Kasus Bupati

26 Maret 2019, 12: 29: 57 WIB | editor : Abdul Basri

Bawaslu Dinilai Ciut Tangani Kasus Bupati

Share this      

KETEGASAN Bawaslu Pamekasan dalam menangani dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan Bupati Baddrut Tamam dikeluhkan. Sebab, meski tidak menyerahkan surat izin cuti saat menghadiri kampanye cawapres KH Ma’ruf Amin, orang nomor satu di Pemkab Pamekasan itu tak kunjung dimintai keterangan.

Aktivis mahasiswa Humaidi mengatakan, bupati patut diduga melakukan pelanggaran kampanye. Sebab, versi Bawaslu Pamekasan, Baddrut tidak menyerahkan surat izin cuti pada saat hadir dalam kampanye cawapres beberapa waktu lalu.

Sesuai regulasi, kepala daerah wajib cuti jika hendak menghadiri kegiatan kampanye. Cuti tersebut dibuktikan dengan surat izin yang dikeluarkan gubernur Jatim. Kemudian, surat tersebut ditembuskan ke Bawaslu Pamekasan.

Namun, pada saat hadir dalam kampanye yang dikemas menjadi istighotsah kubra itu, bupati tidak menyertakan surat izin cuti. Humai menyampaikan, Bawaslu Pamekasan seharusnya tidak mengulur waktu.

Baddrut layak dipanggil untuk dimintai klarifikasi. ”Saya heran, seharusnya Bawaslu tanggap ketika ada dugaan pelanggaran kampanye. Bawaslu ciut,” sebutnya kemarin (25/3).

Bawaslu sebagai instansi pengawas pemilu seharusnya tidak pandang bulu. Siapa pun yang diduga melakukan pelanggaran diproses sesuai aturan dan prosedur yang berlaku. ”Jangan sampai ada pembiaran,” sergahnya.

Jika dugaan pelanggaran dibiarkan tanpa proses jelas, tidak menutup kemungkinan, kejadian serupa terulang. Karena itu, ketegasan Bawaslu sangat dibutuhkan. ”Ketegasan Bawaslu adalah marwah,” ujar dia.

Humai berharap, Bawaslu segera bertindak agar kepercayaan masyarakat tetap terjaga. Apa pun konsekuensinya, dugaan pelanggaran kampanye harus diproses tanpa pandang bulu.

Ketua Bawaslu Pamekasan Abdullah Saidi mengaku belum memutuskan apakah akan memanggil bupati untuk klarifikasi. Persoalan tersebut masih dibahas di internal divisi pengawasan dan hubungan antarlembaga. ”Masih kami bicarakan,” katanya singkat.

Untuk diketahui, Selasa (19/3) cawapres nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin menggelar kampanye di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (SGMRP). Kampanye yang dikemas dengan istighotsah kubra itu dihadiri puluhan ribu santri serta sejumlah kiai dan ulama.

Bupati Baddrut Tamam beserta Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron juga terlihat di atas panggung. Usai kegiatan tersebut, Bawaslu Pamekasan memastikan bahwa Baddrut belum menyetor surat izin cuti. Padahal, Baddrut mengaku cuti. 

(mr/pen/hud/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia