Kamis, 17 Oct 2019
radarmadura
icon featured
Features

Taman Aspirasi Rakyat Berpotensi Mengedukasi Generasi Milenial

Bisa Lebih Ramai jika Disediakan Wifi Gratis

25 Maret 2019, 13: 14: 50 WIB | editor : Abdul Basri

SANTAI: Zainal Arifin (kanan) dan Moh. Mukmin menikmati suasana Taman Aspirasi Rakyat, Pamekasan, kemarin.

SANTAI: Zainal Arifin (kanan) dan Moh. Mukmin menikmati suasana Taman Aspirasi Rakyat, Pamekasan, kemarin. (ANIS BILLAH/RadarMadura.id)

Share this      

Pemkab Pamekasan membanguan Taman Aspirasi Rakyat. Sesuai namanya, taman ini diharapkan menjadi tempat bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya. Terutama kalangan milenial.

ANIS BILLAH, Pamekasan

MENDUNG menyelimuti lapangan Pendapa Bupati Pamekasan kemarin (24/3). Rintik hujan membasahi bumi. Angin sepoi menambah suasana menjadi dingin.

Di dekat pintu keluar Pendapa Bupati Pamekasan, tiga kendaraan sedang parkir. Sementara di tengah-tengah Taman Aspirasi Rakyat terlihat dua pemuda duduk santai. Di tempat duduk ujung barat juga terdapat gadis yang sedang foto-foto.

RadarMadura.id menghampiri dua pemuda yang sedang asyik berbincang itu. Terdengar gelak tawa di tengah bunga-bunga taman yang baru tumbuh. Koran ini ikut nimbrung bersama mereka.

Dua pemuda itu berasal dari daerah utara dan selatan. Zainal Arifin berasal dari Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan. Sementara Moh. Mukmin beralamatkan Desa/Kecamatan Pasean.

”Beginilah kalau tidak punya pasangan. Ke mana-mana jalannya sama teman cowok,” kelakar Zainal Arifin saat disinggung kebersamaanya dengan temannya itu. Kemudian dia tertawa lagi.

Zainal menyampaikan, mengetahui Taman Aspirasi Rakyat tersebut dari media sosial (medsos). Selain itu, teman-teman dia banyak yang bercerita tentang taman itu. Penasaran, dia pun meluangkan waktu liburnya untuk melihat langsung Taman Aspirasi Rakyat.

Informasi yang dia dengar, taman tersebut untuk menampung masyarakat yang hendak menyampaikan aspirasi kepada Bupati Pamekasan Baddrut Tamam. Namun menurut dia, taman tersebut juga potensial dimanfaatkan untuk membangun kesadaran literasi generasi milenial.

”Suasana taman nyaman untuk nongkrong anak-anak muda. Meski dekat dengan jalan raya tidak terlalu mengganggu. Ini peluang bagi pemkab untuk menjadikan ruang literasi bagi pelajar dan mahasiswa,” kata pria 27 tahun itu.

Menurutnya, tidak sulit membangun kesadaran literasi generasi milenial. Pemkab cukup menyediakan fasilitas sesuai kebutuhan pemuda. Seperti buku bacaan dan disertai jaringan internet atau wifi gratis.

Selain itu, tempat duduk perlu dilengkapi atap. Dengan demikian, meski panas atau hujan, masyarakat tidak khawatir kepanasan ataupun kehujanan. ”Kalau sudah dilengkapi jaringan wifi, saya yakin pasti ramai,” ujar pengajar di SMPI Bahrul Huda, Desa Larangan Tokol itu.

Hal senada diungkapkan Moh. Mukmin. Dia mengatakan, Taman Aspirasi Rakyat bisa menjadi wahana baru bagi masyarakat Pamekasan untuk menikmati ruang terbuka hijau. Apalagi taman tersebut bisa dilengkapi dengan tempat bermain anak-anak.

Kalau dikembangkan, masyarakat bisa tertarik berkunjung ke taman itu karena aksesnya mudah. Masyarakat bisa menikmatinya. Kendati demikian, hal itu butuh perhatian khusus. Utamanya pengelolaan sampah. ”Kalau sudah ramai, perawatan harus diperhatikan,” pintanya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan Amin Jabir mengungkapkan, pada dasarnya taman itu dibangun untuk menampung aspirasi rakyat. Yakni, masyarakat yang mempersoalkan kebijakan-kebijakan pemerintah. Bisa disampaikan di taman tersebut.

”Jika ada aksi demonstrasi, masyarakat akan diarahkan ke taman itu. Bupati bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait bisa memberikan penjelasan kepada masyarakat di taman itu. Gambaran umumnya seperti itu,” ujarnya.

Terkait pengembangan fasilitas di taman, hal itu bukan tanggung jawab DLH. Sebab, anggaran pembangunan taman tersebut masuk di bagian sekretariat daerah Pamekasan. ”Itu memang taman, tapi wilayah sekda di bagian umum. Kami hanya membantu desain taman,” tukasnya.

(mr/hud/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia