Rabu, 18 Sep 2019
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Ratusan Ribu Formulir C1 Plano Tiba

KPU Siapkan Tenaga Tambahan

15 Maret 2019, 20: 14: 01 WIB | editor : Abdul Basri

BARU TIBA: Kepala Gudang Bagian Logistik KPU Pamekasan Moh. Syaiful Ramadhan berada di dekat tumpukan formulir C1 plano di gudang KPU, Kelurahan Bugih, kemarin.

BARU TIBA: Kepala Gudang Bagian Logistik KPU Pamekasan Moh. Syaiful Ramadhan berada di dekat tumpukan formulir C1 plano di gudang KPU, Kelurahan Bugih, kemarin. (ANIS BILLAH/RadarMadura.id)

Share this      

PAMEKASAN – Ratusan ribu formulir C1 plano tiba di Pamekasan kemarin (14/3). Yakni, plano calon presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten. 

Kepala Gudang Bagian Logistik KPU Pamekasan Moh. Syaiful Ramadhan mengutarakan,  tambahan formulir model C1 plano sudah tiba di Kota Gerbang Salam. Sebanyak 191.113 formulir disimpan di gudang. Pengiriman dokumen negara itu dikawal ketat aparat kepolisian.

Formulir tersebut terdiri dari calon presiden dan wakil presiden yang berjumlah 6.266 dan DPD RI 15.665. Sementara jumlah formulir DPR RI, DPR provinsi, serta DPRD kabupaten sama 56.394. jumlah tersebut dinilai cukup untuk kebutuhan pemilu mendatang.

Pemilihan DPRD di Pamekasan dibagi ke lima daerah pemilihan (dapil). Masing-masing dapil jumlahnya tidak sama. Misalnya, dapil 1 kebutuhan formulir mencapai 9.072. Sementara dapil 2 lebih banyak yakni 11.250. Kebutuhan di dapil 4 dan 5 yakni 10.512 dan 10.098 formulir.

”Dapil yang paling banyak ada di dapil 3. Jumlahnya mencapai 15.462 formulir. Kalau dijumlah semua totalnya sebanyak 56.394. Jumlahnya sama dengan DPR RI dan provinsi,” katanya kemarin (14/3).

Pria yang akrab disapa Ipung itu menjelaskan, pendistribusian formulir C1 plano berbeda dengan formulir lain. Sebab, bentuknya lebih besar. Pihaknya harus menggulung terlebih dahulu sebelum didistribusikan.

Untuk itu, pihaknya akan menyiapkan tenaga baru selain sortir dan lipat. Mereka akan ditugaskan khusus untuk menyiapkan menggulung formulir agar lebih mudah didistribusikan.

”Untuk mengerjakan formulir plano tidak terlalu banyak membutuhkan tenaga. Pengerjaan lebih mudah dari sortir dan lipat. Mungkin kami akan merekrut lima orang khusus untuk mengerjakan C1 plano,” terangnya.

Kendati demikian, kebutuhan formulir untuk pemilu belum lengkap. Di antara formulir yang belum dikirim model C2 hingga C7. KPU masih menunggu percetakan selesai. 

Meski pesta demokrasi semakin dekat, KPU tidak khawatir kekurangan logistik pemilu. KPU meyakini sebelum logistik disebarkan ke tempat pemungutan suara (TPS), kekurangan sudah terpenuhi.

”Pihak percetakan pasti sudah memperhitungkan kapan akan selesai. Artinya, sebelum logistik diedarkan, kekurangan sudah dikirim semua. Termasuk SS yang rusak,” kata Moh. Hamzah, ketua KPU Pamekasan. (bil)

(mr/onk/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia