Senin, 22 Jul 2019
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Empat Puskesmas Digerojok Rp 40 Miliar

Program Afirmasi Belum Lelang

11 Maret 2019, 12: 33: 22 WIB | editor : Abdul Basri

Empat Puskesmas Digerojok Rp 40 Miliar

Share this      

BANGKALAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan mendapatkan anggaran jumbo untuk program afirmasi bidang kesehatan. Pemerintah pusat menggelontorkan dana puluhan miliar rupiah untuk empat puskesmas di Kota Salak.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memiliki program afirmasi bidang kesehatan tahun anggaran 2019. Program tersebut diberikan kepada daerah yang memenuhi tiga kriteria. Yakni, daerah perbatasan, daerah terpencil, dan daerah tertinggal.

Bangkalan masuk kategori daerah tertinggal. Karena itu, tahun ini Kemenkes menggelontorkan dana alokasi khusus (DAK) Rp 40 miliar melalui program afirmasi bidang kesehatan kepada Dinkes Bangkalan.

Dana Rp 40 miliar tersebut di-plotting untuk empat puskesmas di kabupaten paling barat Madura ini. Meliputi, Puskesmas Tongguh, Puskesmas Sepulu, Puskesmas Galis, dan Puskesmas Kwanyar. Masing-masing puskesmas akan mendapat Rp 10 miliar.

Plt Kepala Dinkes Bangkalan Sudiyo menjelaskan, tujuan program afirmasi bidang kesehatan yaitu percepatan dan pemerataan pembanguan di bidang kesehatan. Dengan program itu diharapkan pelayanan di bidang kesehatan semakin baik.

Program afirmasi bidang kesehatan 2019 akan direalisasikan lengkap di empat puskesmas. Mulai dari sarana dan prasarana puskesmas hingga alat kesehatan (alkes). ”Lengkap dengan gedung, sarana, dan alkes. Termasuk ambulans terbaik,” katanya.

Program afirmasi bidang kesehatan 2019 belum dimulai. Saat ini masih proses peninjauan lokasi dan persiapan lelang. ”Kami masih mempersiapkan semuanya sebelum lelang dan pelaksanaan program,” ujar Sudiyo.

Dinkes mengajukan anggaran serupa kepada Kemenkes untuk tujuh puskesmas lainnya. Diharapkan pada 2020 tujuh puskesmas yang diajukan itu bisa mendapatkan program afirmasi bidang kesehatan.

”Mohon doanya seluruh masyarakat Madura, khususnya Bangkalan agar keinginan kami terealisasi dengan baik. Mudah-mudahan manfaatnya langsung dirasakan masyarakat,” ucapnya.

Sudiyo mengimbau kepada petugas kesehatan dalam ruang lingkup Dinkes Bangkalan untuk senantiasa meningkatkan kinerja. Agar semua kegiatan yang telah direncanakan terealisasi dengan baik. ”Demi peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ucapnya.

Anggota Komisi D DPRD Bangkalan Abdurahman mendukung program afirmasi bidang kesehatan 2019. ”Ini bentuk keseriusan pemerintah untuk peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” katanya.

(mr/bam/hud/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia