Kamis, 12 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Usul Rekrut PPPK Tenaga Teknis

Banggar: Keuangan Daerah Mampu

10 Maret 2019, 14: 47: 31 WIB | editor : Abdul Basri

Usul Rekrut PPPK Tenaga Teknis

Share this      

PAMEKASAN – Rangkaian seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK) tuntas. Namun, sampai sekarang formasi belum ditentukan oleh pemerintah pusat. Sembari menunggu formasi, Pemkab Pamekasan didesak mengusulkan rekrutmen PPPK tenaga teknis.

Anggota Banggar  DPRD Pamekasan Andi Suparto mengatakan, rekrutmen PPPK memang diatur pemerintah pusat. Tetapi mengenai pemberian gaji, disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Gaji pegawai pemerintah yang sebelumnya berstatus honorer kategori dua (K2) itu bersumber dari APBD. Dengan demikian, mestinya pemerintah daerah diperbolehkan mengusulkan jumlah kebutuhan pegawai yang akan diangkat.

Andi menyampaikan, sejauh ini rekrutmen PPPK baru tiga formasi. Yakni, tenaga guru, kesehatan, dan penyuluh pertanian. Untuk tenaga teknis seperti pegawai satpol PP dan dinas perhubungan (dishub) belum ada seleksi.

Pemkab diminta mengusulkan rekrutmen PPPK khusus tenaga teknis. ”Kasihan yang tenaga teknis,” katanya kemarin (9/3).

Dari sisi keuangan, diyakini pemkab sangat mampu menopang kebutuhan pembayaran gaji. Sebab, honorer K2 otomatis terhapus karena diangkat menjadi PPPK. Artinya, kata Andi, pemkab tinggal menambah nominal gaji honorer K2 sesuai dengan ketentuan gaji PPPK.

Kepala BKPSDM Pamekasan Lukman Hedi Mahdia mengatakan, rekrutmen PPPK masih untuk guru, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian. Sementara untuk tenaga teknis, belum ada informasi dari pemerintah pusat. ”Mungkin secara bertahap,” katanya.

Untuk diketahui, jumlah tenaga honorer yang mendaftar sebagai PPPK sebanyak 392 orang. Hasil tes, yang memenuhi passing grade hanya 250 orang. Tetapi pemkab mengusulkan kepada Kemen PAN-RB agar seluruh pendaftar diloloskan.

(mr/pen/hud/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia