Jumat, 13 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Sebagian Sekolah Ujian Pakai Smartphone

09 Maret 2019, 15: 17: 07 WIB | editor : Abdul Basri

FOKUS: Siswa saat mengikuti USBN-BKS di SMAN 1 Kamal, Bangkalan, Rabu (6/3).

FOKUS: Siswa saat mengikuti USBN-BKS di SMAN 1 Kamal, Bangkalan, Rabu (6/3). (YANTO FOR RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN – Tidak semua lembaga pendidikan jenjang SMA/SMK melaksanakan ujian sekolah berstandar nasional berbasis komputer (USBN-BK). Sebagian sekolah melaksanakan ujian sekolah berstandar nasional berbasis smartphone (USBN-BS). Seperti di SMAN 1 Kamal, Bangkalan.

Wakil Kepala SMAN 1 Kamal Yanto menyampaikan, penggunaan smartphone dilakukan untuk melengkapi kekurangan unit komputer. Tidak ada kendala pada proses pelaksanaan USBN-BKS menggunakan smartphone. Sebab sarana dan prasarana (sarpras) tersebut disediakan sekolah. ”Kebetulan ini beli, bukan punya siswa. Kami berinisiatif beli untuk menguatkan sinyal,” ungkapnya kemarin (8/3).

Beberapa sekolah lain juga menggunakan smartphone. Namun karena sarpras menggunakan milik siswa, terkadang mengalami gangguan. Tidak semua peserta ujian menggunakan telepon cerdas. Hanya sebagian kecil. Mayoritas menggunakan komputer.

Untuk mendukung kelancaran USBN-BKS pihaknya menyediakan 10 unit smartphone. ”Di sekolah lain ada yang trouble karena pakai milik siswa. Kalau sekolah yang mengadakan, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan,” kata Yanto.

Selama USBN-BKS, pihaknya menyediakan dua ruangan ujian untuk komputer. Terdapat 300 lebih peserta yang ikut USBN-BKS. Pelaksanaan ujian menggunakan smartphone tidak mengalami kendala serius. ”Tidak ada kendala. Siswa bisa mengerjakan dengan baik,” ucapnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Timur (Jatim) Wilayah Bangkalan Sunarto mengatakan, sebagian besar sekolah tetap menggunakan komputer. Pihaknya tidak menganjurkan untuk penggunaan smartphone karena dikhawatirkan terjadi masalah saat ujian. ”Rata-rata tetap pakai komputer,” ucapnya.

USBN-BKS SMA dimulai Senin (4/3) hingga Selasa (19/3). Untuk jadwal USBN-BKS SMA, Disdik Jatim melakukan beberapa penyesuaian. Jadwal ujian awalnya akan diselenggarakan pada 4–15 Maret. Namun diundur hingga 19 Maret 2019. Sebab 11–12 Maret dilaksanakan geladi bersih ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Sedangkan jadwal USBN-BKS SMK dimulai Selasa (5/3) hingga Senin (18/3). Tidak ada perubahan jadwal pelaksaan ujian untuk jenjang SMK. Jarak pelaksanaan USBN-BKS dengan UNBK cukup dekat. Untuk pelaksanaan UNBK jenjang SMK berjarak sepekan dari berakhirnya USBN-BKS.

Berbeda dengan pelaksaan UNBK SMA yang berjarak sekitar dua pekan dari hari terakhir USBN-BKS. UNBK SMK akan digelar pada Senin–Kamis (25–28/3). UNBK SMA akan digelar Senin–Kamis (1–4/4).

(mr/bad/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia