Senin, 26 Aug 2019
radarmadura
icon-featured
Bangkalan

Ratusan Surat Suara DPD Rusak

24 Februari 2019, 14: 33: 16 WIB | editor : Abdul Basri

SOBEK: Seorang laki-laki menunjukkan surat suara yang rusak di GOR Saka di Jalan Halim Perdanakusuma kemarin.

SOBEK: Seorang laki-laki menunjukkan surat suara yang rusak di GOR Saka di Jalan Halim Perdanakusuma kemarin. (JUPRI/RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN – Ratusan surat suara untuk pemilihan umum (pemilu) 2019 rusak. Itu diketahui setelah dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara oleh petugas yang dikerahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan pada 20 hingga 22 Februari.

Data yang dihimpun RadarMadura.id, ditemukan 172 surat suara rusak. Penyortiran dan pelipatan dilakukan di Gedung Olahraga (GOR) Sultan Abdul Kadirun (Saka) yanga berada di Jalan Halim Perdanakusuma, Bangkalan.

Ketua KPU Bangkalan Fauzan Jakfar mengutarakan, pelipatan fokus untuk surat suara calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Puluhan petugas dikerahkan dalam tahapan tersebut.

Menurut Fauzan, kerusakan itu terjadi akibat kesalahan warna, sobek, hingga gambar yang kurang jelas. ”Itu rusaknya macem-macem, ada yang sobek hingga yang tidak jelas,” ungkap dia kemarin (23/2).

KPU akan mengumpulkan surat yang ditemukan rusak, lalu dimusnahkan dengan cara dibakar. ”Nanti yang jelas akan ada berita acara pemusnahan yang akan disaksikan pihak kepolisian dan Bawaslu,” ujarnya.

Pihaknya akan mengajukan permohonan ke Biro Logistik KPU RI sebagai pengganti surat suara DPD yang rusak tersebut. Hingga saat ini pelipatan dan penyortiran terus berlangsung. ”Kalau totalnya belum kita ketahui karena belum selesai,” tandasnya. (jup)

(mr/onk/bas/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia