Senin, 16 Dec 2019
radarmadura
icon-featured
Hukum & Kriminal

Terdakwa Akan Datangkan Saksi Meringankan

22 Februari 2019, 18: 55: 07 WIB | editor : Abdul Basri

Terdakwa Akan Datangkan Saksi Meringankan

Share this      

SAMPANG – Sidang dengan agenda mendengarkan keterangan saksi kasus pembunuhan berencana terhadap Subaidi oleh terdakwa Idris terus berlanjut. Pada sidang Selasa (26/2), terdakwa akan mendatangkan saksi yang meringankan.

Penasihat hukum terdakwa Arman Syaputra kemarin (21/2) mengatakan, kliennya mengusulkan mendatangkan saksi yang meringankan. Dia ingin membuktikan bahwa kliennya tidak meng-upload video serta melakukan penghinaan terhadap ulama. ”Saksi meringankan itu yang akan menjelaskan bahwa bukan terdakwa yang meng-upload foto maupun menghina ulama, karena akunnya itu dibajak,” terangnya.

Pihaknya menegaskan, saksi-saksi meringankan tersebut saat dihubungi mengaku tidak berani memberikan kesaksian di pengadilan. Sampai kemarin pihaknya belum bisa memastikan apakah saksi tersebut bisa hadir atau tidak. ”Kehadirannya ke persidangan belum bisa kami pastikan,” ungkapnya.

Saksi tersebut merupakan teman dekat terdakwa. Mereka mengetahui pelaporan yang dilakukan terdakwa kepada polisi atas pembajakan akun Facebook. ”Jika memang tidak bisa hadir, maka dilanjutkan persidangan minggu depan ke agenda selanjutnya,” pungkas Arman.

Jaksa Kejari Sampang Anton Zulkarnaen mengatakan, agenda sidang lanjutan minggu depan pemeriksaan saksi yang meringankan terdakwa. Jika saksi tidak ada, sesuai kesepakatan sidang akan dilanjutkan ke agenda berikutnya. ”Agenda sidang selanjutnya yaitu pemeriksaan keterangan terdakwa,” terangnya.

Saksi yang dihadirkan ke persidangan olehnya dirasa sudah cukup. Menurut dia, dari 12 saksi yang tercantum di berita acara pemeriksaan (BAP), penyidik Polres Sampang hanya mendatangkan 10 orang ke persidangan. ”Kami membuktikan pasal 340 terkait pembunuhan berencana dan kepemilikan pen gun,” pungkasnya. 

(mr/rus/hud/bas/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia