Rabu, 22 May 2019
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Perpusdes Tak Merata, Perpuscam Akan Dibangun

12 Februari 2019, 13: 10: 07 WIB | editor : Abdul Basri

TAMBAH PENGETAHUAN: Pengunjung memilih buku di Perpusda Pamekasan kemarin.

TAMBAH PENGETAHUAN: Pengunjung memilih buku di Perpusda Pamekasan kemarin. (ANIS BILLAH/RadarMadura.id)

PAMEKASAN – Realisasi perpustakaan desa (perpusdes) di Pamekasan belum merata. Hanya 88 desa yang sudah memiliki perpustakaan. Kendati demikian, pengelola perpustakaan daerah (perpusda) berencana membangun perpustakaan di kecamatan.

Pustakawan Perpusda Pamekasan Kusairi mengatakan, pelayanan perpustakaan mulai dikembangkan. Pihaknya menyasar tempat-tempat pelayanan publik untuk dilengkapi dengan perpustakaan. Seperti, di rumah sakit umum daerah (RSUD), mal pelayanan publik (MPP), dan kantor pemkab.

Pihaknya juga akan membangun perpustakaan kecamatan (perpuscam). Tiga belas kecamatan di Kota Gerbang Salam akan dilengkapi dengan perpustakaan. Hal itu untuk mempermudah masyarakat mendapatkan buku sesuai keinginan. ”Perpusdes hanya untuk desa. Kalau perpuscam, masyarakat desa di sekitar kecamatan tersebut bisa menikmatinya,” kata dia kemarin (11/2).

Buku yang disediakan di perpuscam disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Hal itu agar masyarakat lebih mudah mendapatkan referensi yang diinginkan. Masyarakat yang akses jauh dari perpusda bisa mencari buku di perpuscam.

Jika koleksi buku di perpuscam kurang, bisa di-rolling dengan yang ada di perpusda. Dengan begitu, masyarakat lebih mudah memperoleh buku yang dibutuhkan. Pihaknya akan memudahkan pelayanan agar masyarakat lebih giat membaca.

Anggota Komisi IV DPRD Pamekasan Taufiqurrahman mengungkapkan, perpuscam dengan perpusdes harus bersinergi. Pengelolaan serta koleksi buku di perpuscam harus lebih lengkap dari perpusdes. Perpuscam harus bisa memberikan pembinaan kepada perpusdes yang amburadul.

Dengan begitu, pelayanan perpustakaan di desa dan kecamatan berjalan baik. ”Baik itu kalau memang ada perpus di kecamatan karena sekaligus bisa melaksanakan pembinaan adanya perpustakaan desa. Saya rasa perpuscam akan semakin meningkatkan minat baca masyarakat di kecamatan,” katanya. (bil)

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia