Minggu, 17 Feb 2019
radarmadura
icon featured
Hukum & Kriminal

Pengadilan Pamekasan Berharap MA Rekrut Hakim Muda

10 Februari 2019, 18: 55: 39 WIB | editor : Abdul Basri

LENGANG: Pengendara sepeda motor saat melintas di depan kantor PN Pamekasan.

LENGANG: Pengendara sepeda motor saat melintas di depan kantor PN Pamekasan. (Santi Stia Wardani/RadarMadura.id)

PAMEKASAN - Sampai saat ini, sebaran hakim di lingkungan mahkamah agung (MA) belum ideal. Termasuk, di kantor pengadilan negeri (PN) Pamekasan Klas 1B. Informasinya, jumlah hakim tidak sebanding dengan perkara yang teregister.

Kondisi ini dibenarkan oleh Humas PN Pamekasan Klas 1B, Tito Eliandi. Dia mengungkapkan, jumlah total hakim yang ada saat ini berjumlah sembilan orang. Itu sudah terhitung ketua dan wakil ketua PN Pamekasan.

"Kekurangan hakim bukan hanya di Pamekasan, tapi skala nasional. Jumlah total hakim di PN dan pengadilan agama (PA) sekitar 6.000 orang. Ini tidak sebanding dengan jumlah perkara yang masuk, khususnya di daerah-daerah," ujarnya.

Menurut dia, jumlah hakim di daerah idealnya berjumlah 10 orang. Namun, perkembangan zaman dan jumlah perkara tidak bisa diprediksi. Tidak bisa diperkirakan apakah akan meningkat atau menurun.

"Karena itu, harus diantisipasi dan penambahan hakim harus tetap dilakukan. Terlebih, hakim di PN Pamekasan banyak yang akan pensiun dan bisa saja dipindah. Tahun ini saja, saya dan pak Fidyawan Satriantoro pensiun," paparnya.

Tito Eliandi berharap pemerintah pusat merekrut hakim muda yang kompeten untuk memenuhi kebutuhan di daerah. "Kami menginginkan penambahan hakim untuk menangani perkara yang terlampau banyak," tandasnya. (Santi Stia Wardani)

(mr/yan/bas/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia