Senin, 27 May 2019
radarmadura
icon featured
Sumenep

Paling Besar Renovasi Rumah

10 Februari 2019, 13: 56: 24 WIB | editor : Abdul Basri

Paling Besar Renovasi Rumah

SUMENEP – Tahun ini bantuan sosial (bansos) kepada warga Sumenep cukup banyak dengan anggaran Rp 4,4 miliar. Program yang ditangani Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep itu untuk warga tidak mampu secara ekonomi.

Kepala Dinsos Sumenep R. Akh. Aminullah mengutarakan, bansos diberikan kepada penyandang cacat, fakir miskin, mahasiswa tidak mampu, lanjut usia, dan untuk renovasi rumah. Semua dana bansos ditransfer melalui rekening bank agar tepat sasaran.

”Bantuan untuk penyandang cacat berupa uang langsung masuk ke rekening penerima,” kata dia kemarin (9/2). Aminullah menyampaikan, bansos untuk fakir miskin juga berbentuk uang. Biasanya digunakan untuk pembangunan rumah.

Bansos kepada mahasiswa yang kurang mampu sebesar Rp 2 juta. ”Setiap mahasiswa hanya satu kali menerima bansos. Misalnya untuk membayar kebutuhan kuliah,” ujarnya.

Aminullah menyatakan, bansos renovasi rumah berupa bedah rumah. Penerima melalui survei tim dari dinsos. Jika tidak melalui survei, khawatir diberikan kepada orang kaya. ”Bansos renovasi rumah hanya diberikan kepada yang tidak mampu,” terangnya.

Bansos untuk meringankan beban hidup warga yang kurang baik secara ekonomi. Setiap tahun selalu dialokasikan dana untuk bansos. ”Bansos untuk membantu warga kurang mampu,” jelasnya.

Bansos diberikan pada triwulan ketiga dan keempat. Bansos kepada mahasiswa kurang mampu pada triwulan kedua sudah dicairkan. ”Kami bukakan rekening semua penerima supaya tidak berisiko, supaya langsung sampai kepada penerima,” tegasnya.

Sekretaris Komisi IV DPRD Sumenep Imran mengatakan, bansos hak warga Sumenep yang kurang mampu. Dinsos harus memberikan bantuan tersebut kepada warga yang benar-benar layak menerima. ”Tentu kami awasi. Dinsos harus selektif dan melakukan survei dalam menentukan penerima bansos,” pungkasnya.

(mr/daf/hud/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia