Minggu, 17 Feb 2019
radarmadura
icon featured
Politik Pemerintahan

Bawaslu Terima Laporan 32 Ribu DPT Ganda

KPU: Setelah Dicek Hanya Seribu

08 Februari 2019, 14: 54: 56 WIB | editor : Abdul Basri

Bawaslu Terima Laporan 32 Ribu DPT Ganda

SUMENEP – Dugaan adanya daftar pemilih tetap (DPT) ganda terus mencuat di Sumenep. Tak tanggung-tanggung, dugaan DPT ganda mencapai lebih dari 32 ribu orang. Hal itu disampaikan Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumenep Imam Syafii kemarin (7/2).

Menurut Syafii, dugaan DPT ganda dilaporkan oleh badan pemenangan nasional (BPN) pasangan calon presiden nomor urut 02. BPN menyebut bahwa ada 32.403 DPT ganda di Sumenep. Jumlah tersebut menyebar di 27 kecamatan, baik di daratan ataupun kepulauan.

”Tapi setelah dilakukan penelitian, yang ditemukan betul-betul ganda hanya 1.198 orang. Yang tidak ganda 31.207 orang,” kata Syafii.

Laporan dugaan DPT ganda juga disampaikan salah satu partai pengusung paslon capres nomor urut 2. Partai tersebut melaporkan bahwa ada 1.256 data ganda di Sumenep. Akan tetapi setelah dikroscek, ternyata yang ganda hanya 257 dan 999 lainnya tidak ganda.

”Sampai hari ini, kami tetap menjalankan Gerakan Bawaslu Menjaga Hak Pilih dengan tetap membuka posko pengaduan masyarakat terkait DPTP-2 ini,” tukas Syafii.

Sementara itu, Ketua KPU Sumenep A. Warits mengakui bahwa pihaknya telah menerima laporan DPT ganda tersebut. Pihaknya sudah memerintah panitia pemungutan suara (PPS) melalui panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk melakukan coklit. Proses coklit, menurut dia, selesai dan data terbaru sudah ada di KPU.

”Yang betul-betul ganda kita tandai,” jelasnya. ”Nama tersebut yang sudah ditandai tidak akan mendapatkan hak pilih,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data Pemilih KPU Sumenep Rahbini. Menurut dia, pihaknya telah melakukan coklit ke bawah. Hasilnya, data ganda tidak seperti yang dilaporkan oleh BPN paslon nomor urut 2.

”Dari 32 ribu yang direkom ganda, setelah dicek tinggal 1.000,” tutur pria asal Kecamatan Gapura itu.

Untuk diketahui, DPT Pemilu 2019 di Sumenep mencapai 872.764 orang. Perinciannya, 410.522 laki-laki dan 462.242 lainnya berjenis kelamin perempuan. Jumlah tersebut berdasarkan hasil penetapan DPTHP-2 pada 8 Desember 2018.

(mr/mam/han/bas/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia