Senin, 27 May 2019
radarmadura
icon featured
Features

Heniatun Jazilah, Siswi SMP Pantura Pemilik 9 Album Kasidah

01 Februari 2019, 10: 58: 45 WIB | editor : Abdul Basri

PERIANG: Heniatun Jazilah yang sudah memiliki sembilan album lagu saat ditemui di ruang kelasnya, Rabu (30/1).

PERIANG: Heniatun Jazilah yang sudah memiliki sembilan album lagu saat ditemui di ruang kelasnya, Rabu (30/1). (RUSYDI ZAIN/RadarMadura.id)

Pertemuan dengan produser saat mengikuti lomba melecutkan bakat menyanyi Heni. Pernah nyanyi dari panggung ke panggung. Hingga membuahkan sembilan album.

RUSYDI ZAIN, Sampang

BUAH jatuh tak jauh dari pohonnya berlaku bagi Heniatun Jazilah. Putri pasangan K Ahmad Damhuri dan Nurul Qomariyah itu pandai bernyanyi karena sang sayah juga penyanyi. Heni memiliki bakat bernyanyi sejak duduk di bangku TK Nurul Hidayah, Dusun Bringkoning, Desa Tlagah, Kecamatan Banyuates.

Tahun 2011 silam dia semakin serius menggeluti dunia tarik suara. Saat itu dia masih duduk di bangku kelas 1 di SD Tlagah 2. Heni mengikuti lomba menyanyi di Kota Sampang dalam rangka perayaan Hari Anak Nasional. Saat itulah, bakat yang dimiliki oleh Heni diketahui khalayak.

”Awalnya saya ikut lomba nyanyi di Sampang. Ternyata ada salah satu produser yang kagum dengan penampilan saya dan mengajak untuk rekaman. Itu awalnya,” katanya ketika ditemui di kelasnya di SMP Islam Plus Al Mukmin Banyuates, Rabu (30/1).

Pemilik Maharani Junior Management yang kagum, mengajak Heni rekaman saat itu. Bermula dari itulah, gadis kelahiran 18 Januari 2004 itu bersama keluarganya bertemu dengan salah satu produser. Tawaran itu akhirnya menghasilkan kesepakatan pada 2012.

Di tahun itu pula, Heni kali pertama membuat album. Heni menyanyikan lagu kasidah anak dengan lirik bahasa Madura dan bahasa Indonesia. Sejak saat itu dia mengeluarkan albumnya bersama Maharani Junior hingga enam album.

Hingga saat ini, gadis berkerudung tersebut memiliki sembilan album. Album pertama sampai enam lagu kasidah. Album ketujuh lagu kasidah juga bersama Mahajaya Production isinya.

Baru pada album kedelapan, bungsu dari dua bersaudara itu menggarap album bersama New Avita. Saat itu dia duet dengan Tasya Rosmala menyanyikan lagu dangdut. Sedangkan album kesembilan kembali menyanyikan lagu kasidah bersama Golden Hand, Surabaya.

”Bakat ini bagi saya turunan dari orang tua, karena orang tua (ayah) suka menyanyi juga,” terang warga Dusun Bringkoning, Desa Tlagah, Kecamatan Banyuates, Sampang, itu. Hingga saat ini dia telah menghasilkan 26 lagu.

Setelah album pertama keluar, dia sering menyanyi dari panggung ke panggung berdasarkan undangan. Namun, setelah keluar album kesembilan, dirinya mengaku sering menolak jika diajak rekaman. Apalagi sekarang sudah duduk di kelas IX SMP. ”Ingin fokus ke sekolah saya dulu,” ujarnya.

Perjalanan sebagai penyanyi tidak selalu berjalan mulus. Dari pantai utara (pantura) dulu Heni sering mendapat undangan manggung ke Kota Sampang. Dia mengakui lelah. Tapi tetap dijalani karena hobi.

”Saya dulu pernah capek-capek pulang dari Sampang untuk menghadiri undangan. Dibayar lima puluh ribu dengan nyanyi empat lagu. Sedih rasanya waktu itu,” terangnya.

Meski telah menelurkan sembilan album, pendapatan yang diterima Heni bervariasi. Tidak ada patokan tarif secara khusus. Sebab, dia tidak mau dikontrak. Meski demikian, berkat jerih payahnya itu dia bisa membantu orang tua membangun rumah.

Kepala SMP Islam Plus Al Mukmin Asfandi mengatakan, Heni selama ini bisa membagi waktu. Karenanya, Heni bisa mengembangkan bakat tanpa meninggalkan kewajiban di bangku pendidikan. ”Dia termasuk siswa yang aktif ketika di kelas,” terangnya.

Bagi Asfandi, bakat yang dimiliki siswa harus dikembangkan. Maka dari itu, ke depan pihaknya akan memfasilitasi bakat peserta didik dengan pendidikan ekstrakurikuler. ”Alhamdulillah, meski berada di pelosok desa, bakat siswa kami beragam. Ini menjadi tugas kami juga ke depan supaya di sekolah tertampung dengan baik,” tandasnya.

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia