Kamis, 24 Jan 2019
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Ratusan Ribuan Warga Tak Punya E-KTP

12 Januari 2019, 15: 18: 32 WIB | editor : Abdul Basri

TERCATAT: Warga melakukan perekaman e-KTP di Dispendukcapil Bangkalan kemarin.

TERCATAT: Warga melakukan perekaman e-KTP di Dispendukcapil Bangkalan kemarin. (VIVIN AGUSTIN HARTONO/JPRM)

BANGKALAN – Sebanyak 112.593 penduduk di Bangkalan belum melakukan perekaman kartu tanda penduduk eletronik (e-KTP). Kondisi tersebut menjadi atensi bagi pemerintah. Khususnya dinas kependudukan dan pecatatan sipil (dispendukcapil).

Kepala Dispendukcapil Bangkalan Rudiyanto menyampaikan, jumlah penduduk per 30 Juni 2018 tercatat 1.068.717 jiwa. Penduduk dengan kategori wajib KTP 797.602 orang. Tetapi, baru 685.009 penduduk yang melakukan perekaman.

”Setiap hari bisa bertambah yang belum merekam. Karena ada yang baru masuk usia 17 tahun,” ujarnya kemarin (11/1).

Dispendukcapil menggenjot sosialisasi kepada masyarakat untuk mengurus e-KTP. Kartu identitas kependudukan tersebut sangat penting. Misalnya, untuk pelayanan kesehatan, pendidikan, sosial, dan sebagainya.

Jika warga memang tidak bisa mengurus perekaman, Rudi mengaku lembaganya memberikan pelayanan mobile. Misalnya, di daerah-daerah yang dilaporkan masih banyak warga belum melakukan perekaman didatangkan mobil pelayanan kependudukan. Termasuk bagi penduduk lanjut usia (lansia) yang sudah tidak bisa berjalan.

”Kami jemput bola. Kami fasilitasi. Kami juga melakukan perekaman di rutan dan pondok pesantren beberapa waktu lalu,” ujar pria yang akrab disapa Rudi itu.

Untuk perekaman, warga bisa melakukannya di setiap kantor kecamatan di Bangkalan. Atau bisa langsung mendatangi kantor Dispendukcapil Bangkalan. Rudi berharap, masyarakat lebih partisipatif dalam perekaman e-KTP.

”Pelayanan tetap kami berikan selama hari kerja. Pengurusan KTP itu gratis. Tidak dipungut biaya. Jadi bagi yang belum merekam, segera mengurus,” tegasnya. 

(mr/bad/onk/bas/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia