Jumat, 13 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Berharap Tahun Ini Bisa Kelola PI

11 Januari 2019, 13: 27: 30 WIB | editor : Abdul Basri

Berharap Tahun Ini Bisa Kelola PI

Share this      

BANGKALAN – Persiapan pengelolaan participating interest (PI) 10 persen oleh Pemkab Bangkalan terus dilakukan. Sebagai daerah kerja penghasil minyak dan gas bumi (migas), Bangkalan memiliki hak mengelola PI pada blok West Madura Offshore (WMO).

Kabag Perekonomian Setkab Bangkalan Joko Supriyono menyampaikan, persiapan pengelolaan PI migas terus diupayakan. Setelah melakukan kerja sama dengan Pemprov Jatim, kini tahapan sudah sampai pada pengurusan kelembagaan di notaris.

”Proses sudah sampai di notaris di Surabaya. Tempatnya nanti di Surabaya karena pengelolaan PI dilakukan bersama dengan pemprov,” ungkapnya kemarin (10/1).

Jika lembaga pengelola PI migas sudah terbentuk, Pemkab Bangkalan dan Pemprov Jatim masih perlu menunggu respons dari pemerintah pusat. Khususnya dari satuan kerja khusus pelaksana kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi (SKK migas). ”Anak perusahaan sudah ada,” kata Joko.

Joko berharap pemerintah pusat merespons pengajuan pengelolaan PI. Menurut dia, jika proses direspons dengan baik dan cepat oleh pemerintah pusat, maka pengelolaan PI migas diperkirakan bisa dilakukan mulai tahun ini.

”Harapannya, di 2019 ini sudah bisa mengelola. Paling tidak pertengahan tahun. Ini melibatkan tiga instansi. Jadi harus ada proses-proses yang dilalui,” paparnya.

Joko menambahkan, jika PI migas 10 persen dimanfaatkan, pendapatan daerah akan bertambah. Sesuai Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 37/2016 tentang Ketentuan Penawaran PI 10 Persen di Wilayah Kerja Migas, Pemkab Bangkalan memang perlu ikut ambil bagian. ”Kalau sudah mulai mengelola PI, bisa menambah pendapatan untuk Bangkalan,” terangnya.

Anggota Komisi B DPRD Bangkalan M. Husni Syakur mengatakan, pemkab harus memanfaatkan PI dari usaha eksploitasi migas. Dengan begitu, bumi Bangkalan tidak hanya dikuras sumber daya alamnya.

”Perlu dimanfaatkan. Ini juga kesempatan bagi Bangkalan. Kami harap nanti prosesnya bisa lebih cepat,” katanya.

(mr/bad/hud/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia