Jumat, 20 Sep 2019
radarmadura
icon-featured
Politik Pemerintahan

KPU Pastikan Kotak Suara Karton Aman

09 Januari 2019, 19: 44: 43 WIB | editor : Abdul Basri

KUAT: Komisioner KPU Bangkalan Faisal Rahman menaiki kotak suara dari karton kedap air.

KUAT: Komisioner KPU Bangkalan Faisal Rahman menaiki kotak suara dari karton kedap air. (A.YUSRON FARISANDY/RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan mencoba ketahanan dan kekuatan kotak suara dengan bahan karton kedap air Selasa (8/1). Testimoni itu dilakukan komisioner KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Ketua KPU Bangkalan Fauzan Jakfar mengutarakan, penyediaan kotak suara karton tersebut dari KPU RI yang diterima lembaganya. Testimoni tersebut untuk menjawab keraguan masyarakat.

Fauzan telah menguji kekuatan kotak suara karton itu dengan berdiri langsung di atasnya. ”Saya berdiri di atas kotak suara itu, ketua panwas juga duduk di atasnya, tidak ada masalah,” ujarnya kemarin.

Dia memastikan kotak suara karton aman. Bahkan jika terkena percikan air tidak akan rusak. Untuk menjaga kualitas ketahanan, KPU akan membungkus kotak suara tersebut ketika proses pendistribusian. Begitu juga surat suara yang akan dibungkus dengan sampul dan plastik. ”Sangat aman, walaupun nanti waktu pendistribusian hujan deras,” tegasnya.

Kebutuhan kotak suara untuk Pemilu 2019 sudah dipenuhi KPU RI. Dengan rincian, 5 kotak suara untuk setiap tempat pemungutan suara (TPS). Sementara di Bangkalan ada 3.823 TPS.

”19.115 yang dibutuhkan, plus di setiap kecamatan kita siapkan antara 5 sampai 8 kotak suara untuk menyimpan logistik-logistik, misalnya model C dan DPT (daftar pemilih tetap),” terangnya.

Ketua Bawaslu Bangkalan A. Mustain Saleh telah menyaksikan sendiri ketahanan dari kotak suara dengan bahan karton kedap air itu. ”Saya sendiri sudah mencoba. Berat saya 95 kilogram, ternyata kuat,” ujarnya.

Pria berkacamata itu mengaku tidak meragukan kualitas kotak suara tersebut. Dia berharap pemungutan dan rekapitulasi suara pemilu 2019 berjalan dengan aman, damai, dan lancar. (jup)

(mr/onk/bas/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia