Jumat, 15 Nov 2019
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Cegah Pungli, Polres Launching Program BCPS

09 Januari 2019, 15: 42: 05 WIB | editor : Abdul Basri

INOVATIF: GM Telkomsel bersama Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron, Kapolres AKBP Boby Pa'ludin Tambunan, Ketua DPRD Imam Rosyadi dan Pimpinan BRI saat melaunching Bangkalan Cashless Payment System di mapolres (9/1).

INOVATIF: GM Telkomsel bersama Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron, Kapolres AKBP Boby Pa'ludin Tambunan, Ketua DPRD Imam Rosyadi dan Pimpinan BRI saat melaunching Bangkalan Cashless Payment System di mapolres (9/1). (Julian Isna/RadarMadura.id)

Share this      

BANGKALAN - Untuk menghindari terjadinya pungli, Polres Bangkalan meluncurkan program Bangkalan Cashless Payment System (BCPS), Rabu (9/1). Selain bupati dan ketua DPRD Bangkalan, acara tersebut juga dihadiri perwakilan forkopimda, pimpinan BRI, GM Telkomsel, rektor UTM serta para ulama di Bangkalan.

Peluncuran program BCPS ini meliputi tiga layanan yakni SIM dan SKCK Keliling, Samsat Keliling dan Samsat Kerapan. Khusus Samsat Kerapan, merupakan layanan samsat keliling yang menggunakan sepeda motor. Samsat kerapan nnantinya diharapkan bisa menjangkau objek lebih cepat dan luas.

BCPS merupakan layanan menggunakan sistem pembayaran non tunai. Polres Bangkalan menggandeng BRI dan Telkomsel. Pembayaran menggunakan scan QR dari aplikasi My QR dan Tcash dari BRI dan Telkomsel. Caranya, pengguna download aplikasi My QR dan Tcash. Top up saldo melalui transfer atau isi ulang via ATM atau M-Banking.

Mudahnya cara pembayaran dan layanan ini diharapkan bisa membantu masyarakat dan mendukung Polres Bangkalan terhindar praktek pungli. Selain melaunching layanan tersebut, Polres Bangkalan juga mencanangkan pembangunan zona integritas (ZI) menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

"Saya mengapresiasi atas launching layanan BCPS ini, semogra program ini memperkecil ruang pungli. Semoga program cashless payment ini juga bisa dicontoh instansi lain di Bangkalan. Sehingga, Bangkalan bebas pungli," ujar Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron saat ditemui seusai acara peluncuran BCPS.

Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Pa'ludin Tambunan, mengungkapkan bahwa program BCPS merupakan salah satu upaya dan komitmen jajaran dalam peningkatan mutu layanan. "Alhamdulillah, kami bisa melaunching layanan cashless payment. Ini salah satu bentuk peningkatan layanan terhadap masyarakat Bangkalan," tuturnya.

Mantan Kasubdit III Ditreskrimum Polda Jatim ini menambahkan, program BCPS nantinya juga akan membantu administrasi di kepolisian. "Dengan adanya program cashless ini, administrasi kita bisa rapi dan polisi terhindar dari praktek pungli," tegas Boby Pa'ludin Tambunan yang dikenal religius itu.

Pemegang tongkat komando di jajaran Polres Bangkalan itu menuturkan, program cashless payment tersebut juga sebagai bentuk mewujudkan WBK dan WBBM. "Kami ingin mencanangkan pembangunan ZI. Ini sebagai bentuk transparansi kami kepada masyarakat," tutur mantan Kasubdit Gakkum Ditpolair Polda Jatim itu.

Program BCPS berjalan mulai hari ini (9/1). Untuk samsat kerapan nantinya akan masuk ke pasar-pasar sesuai jadwal. Meski memiliki layanan baru, tapi tetap melayani pembayaran tunai. "Sebab, cashless payment ini untuk memudahkan warga yang tidak membawa uang tunai," jelas Boby Pa'ludin Tambunan. (Julian Isna)

(mr/yan/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia