Kamis, 12 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Kabar Baik, Pasukan Kuning Ditambah, Honor Naik

08 Januari 2019, 01: 07: 27 WIB | editor : Abdul Basri

Kabar Baik, Pasukan Kuning Ditambah, Honor Naik

Share this      

BANGKALAN– Kabar gembira bagi sebagian petugas kebersihan di Bangkalan di awal tahun ini. Pasalnya, honor pasukan kuning (paskun) tersebut naik.

Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan Imam Syafri membenarkan honor pasukan kuning akan ditambah. Namun sayangnya, kenaikan honor pasukan kuning itu tidak sama.

Imam mengungkapkan, tenaga kebersihan di Bangkalan 85 orang dengan status kontrak. Honor yang diterima pasukan kuning di 2018 lalu sebesar Rp 800 ribu per bulan.

Menurut dia, petugas tersebut dibagi menjadi 2 kelompok. Bagian menyapu dan bagian pengangkutan sampah.

Di tahun ini, DLH menambahkan 29 petugas kebersihan juga dengan status kontrak. ”Jadi tenaga kebersihan kita setelah merekrut menjadi 114 orang,” kata dia,Minggu (6/1).

Di 2019, kata Imam, honor pasukan kuning yang bertugas menyapu menjadi Rp 850 ribu. Sementara yang bertugas di bagian pengangkutan menerima honor Rp 1 juta.

”Kalau di truk karena beban kerjanya cukup berat, ini dinaikan menjadi 1 juta per orang,” terangnya.

DLH belum membagi berapa jumlah petugas yang akan bekerja di bagian menyapu dan di pengangkutan. Sebab, lembaganya mssih mengalkulasi kebutuhan di setiap pembagian.

Imam meminta dengan adanya kenaikan honor dan penambahan petugas kebersihan itu, dapat memecut semangat kerja petugas. Dia juga berharap, Kota Salak menjadi lebih bersih.

”Tidak boleh lagi ada sampah di TPS (tempat pembuangan sementara) dan di sepanjang jalan protokol diharapkan bersih semua,” imbaunya.

Di tempat terpisah, anggota Komisi C DPRD Bangkalan Musawwir mengaku senang dengan adanya kenaikan honor bagi tim kebersihan. ”Komisi C memang dari awal mendorong, ada kenaikan bagi mereka, karena gaji mereka tidak seberapa, sementara pekerjaannya sangat berisiko bagi kesehatan mereka sendiri,” kata dia. (jup)

(mr/onk/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia