alexametrics
Jumat, 24 Sep 2021
radarmadura
Home > Bangkalan
icon featured
Bangkalan
Bertekad Sejahterakan Petani

Terus Kembangkan Produk Unggulan dan Peningkatan Hasil Pertanian

28 Desember 2018, 11: 05: 10 WIB | editor : Abdul Basri

KOMPAK: Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron bersama Wabup Bangkalan Mohni.

KOMPAK: Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron bersama Wabup Bangkalan Mohni. (DISPERTAPAHORBUN BANGKALAN FOR RadarMadura.id)

Share this      

Terwujudnya masyarakat Kabupaten Bangkalan yang religius dan sejahtera berbasis potensi lokal menjadi visi Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron-Mohni.

DI bidang pertanian, kesejahteraan akan diwujudkan melalui akses jaminan premi asuransi pertanian, pemanfaatan teknologi tepat guna, dan akses pemasaran hasil usaha tani. Kemudian, memfasilitasi ketersediaan dan distribusi pupuk tepat waktu, sarana pertanian, dan memaksimalkan produktivitas lahan petani. Program yang dilaksanakan di bidang pertanian yakni pembangunan dan perbaikan jalan usaha tani (JUT).

Lalu, program pengadaan alat mesin pertanian (alsintan), pengelolaan prasarana, sarana, dan penyuluhan. Selain itu pengelolaan tanaman pangan, pengelolaan hortikultura, serta program pengelolaan perkebunan.

Baca juga: Puluhan Narapidana Rekam E-KTP

FASILITAS PERTANIAN: Salah satu dam parit di Kabupaten Bangkalan.

FASILITAS PERTANIAN: Salah satu dam parit di Kabupaten Bangkalan.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Dispertapahorbun) Bangkalan Ir Abdullah Fanani menyampaikan, Kota Salak unggul di sektor pertanian. Juga memiliki sejumlah produk unggulan. Antara lain, varietas bunga melati Rato Ebhu, salak Bangkalan, dan padi yang menjadi lumbung di Madura untuk kawasan Jawa Timur (Jatim).

Diterangkan, hasil pertanian menyumbang sekitar 80 persen produk domestik regional bruto (PDRB) di Bangkalan. ”Mulai dari pertanian, peternakan, perikanan dan perkebunan. Hasil pertanian di Bangkalan terus meningkat,” ungkap Fanani Kamis (27/12).

Untuk meningkatkan hasil pertanian, petani diharapkan bisa memanfaatkan alsintan untuk mempermudah dan meningkatkan produktivitas hasil tani. Pada 2018, bantuan alsintan sudah didistribusikan kepada Brigade Alsintan di Kabupaten Bangkalan.

Selain itu, bantuan benih untuk mendukung swasembada pangan untuk 18 kecamatan sudah didistribusikan. Pemerintah juga telah melaksanakan program pembangunan infrastruktur pertanian. Di antaranya pembangunan JUT, pembagunan dam parit, dan pembangunan jaringan irigasi desa (jides).

Tidak hanya itu, pemerintah juga membangun jaringan irigasi air tanah (JIAT) untuk meningkatkan ketersediaan air guna mendukung usaha tani. Kemudian, meningkatkan penerangan jalan umum (PJU) di perdesaan dan irigasi pertanian melalui jaringan pipanisasi pengeboran sumur dalam (artesis).

”Banyak program yang kami laksanakan di bidang pertanian. Semua dilakukan untuk meningkatkan hasil pertanian,” kata Fanani.

Kasubag Program Dispertapahorbun Bangkalan Moch. Ridhwan menambahkan, selain Bangkalan memiliki varietas dan hasil pertanian unggulan, pihaknya juga gencar mengembangkan tanaman lain. Mulai kedelai, cabai, jagung, dan bawang merah.

Menurut dia, ketersediaan pangan di Bangkalan sudah mencapai swasembada pangan. Dia berharap varietas unggulan dan hasil pertanian di Bangkalan terus berkembang. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

”Kita buktikan bahwa Bangkalan unggul di bidang pertanian. Demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” tegasnya. 

(mr/bad/onk/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news