Jumat, 20 Sep 2019
radarmadura
icon-featured
Politik Pemerintahan

Jumlah DPT Terus Berkurang

28 Desember 2018, 10: 36: 56 WIB | editor : Abdul Basri

Jumlah DPT Terus Berkurang

Share this      

PAMEKASAN – Menjelang Pemilu 2019, KPU Pamekasan sudah tiga kali memperbaiki daftar pemilih tetap (DPT). Di setiap perbaikan ada perubahan. Dari hasil perbaikan tersebut, ditemukan ada pengurangan dan penambahan DPT.

Komisioner KPU Pamekasan Divisi Perencanaan dan Data Muhammad Subhan mengatakan, dalam setiap perbaikan DPT, ada perubahan jumlah pemilih. Namun, perubahan jumlah tidak terlalu signifikan.

Untuk Pemilu 17 April 2019, ada tambahan DPT. Diketahui, tambahan DPT 691.542. Namun, hingga saat ini jumlah tersebut terus berubah.

Pada DPT perbaikan pertama, jumlahnya 690.880. Jumlah itu bekurang 668 dari data awal. Selanjutnya, KPU kembali melakukan perbaikan kedua dengan jumlah DPT 707.761.

Terakhir, jumlah DPT hasil perbaikan 706.619. Jumlah tersebut berkurang dari hasil perbaikan sebelumnya yang berjumlah 707.761. Dengan demikian, jumlah pemilih berkurang 1.142.

Subhan mengungkapkan, perubahan terjadi karena beberapa faktor. DPT bertambah karena terdapat pemilih yang tidak masuk dalam daftar. Begitu juga dengan jumlah DPT yang berkurang karena terdapat data pemilih ganda sehingga harus dihapus. Selain itu, terdapat DPT tidak memenuhi syarat (TMS).

”Pada terakhir perbaikan DPT, kami menemukan pemilih ganda sehingga harus dicoret. Ada juga pemilih yang tidak mencukupi syarat untuk memilih,” jelasnya Kamis (27/12).

Terkait pemilih tunagrahita, Subhan menyampaikan, tidak ada yang memenuhi syarat. Pihaknya sudah mendata orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di daerah Pamekasan. Hasilnya, tidak bisa ditetapkan sebagai DPT.

”Jumlah tunagrahita yang terdata semuanya 104 orang. Tapi, tidak memenuhi ketentuan. Jadi, di Pamekasan penyandang tunagrahita tidak ada yang memiliki hak suara,” tandas Muhammad Subhan. (bil)

(mr/hud/bas/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia