Sabtu, 14 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Sampang

Komitmen Sukseskan Parkir Berlangganan

Dishub Mulai Gencar Lakukan Sosialisasi

13 Desember 2018, 04: 25: 59 WIB | editor : Abdul Basri

SEMOGA SUKSES: Dari kanan, Kanit Regident Samsat Sampang Achmad Rochan, Kepala Dishub Sampang M. Zuhri, Kabid Perhubungan Darat Eko Hariyanto, dan Kasi Lalu Lintas Angkutan Jalan Khotibul Umam dalam kegiatan sosialisasi parkir berlangganan.

SEMOGA SUKSES: Dari kanan, Kanit Regident Samsat Sampang Achmad Rochan, Kepala Dishub Sampang M. Zuhri, Kabid Perhubungan Darat Eko Hariyanto, dan Kasi Lalu Lintas Angkutan Jalan Khotibul Umam dalam kegiatan sosialisasi parkir berlangganan. (ZAINAL ABIDIN/RadarMadura.id)

Share this      

SAMPANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang komitmen menyukseskan program parkir berlangganan yang direncanakan mulai diterapkan pada 2019. Organisasi perangkat daerah (OPD) yang dinakhodai M. Zuhri itu menggelar kegiatan sosialisasi parkir berlangganan di aula dishub Rabu (12/12).

Hadir di kegiatan tersebut Kepala Dishub Sampang M. Zuhri, Kabid Perhubungan Darat Eko Hariyanto, Kasi Lalu Lintas Angkutan Jalan Khotibul Umam, dan Kanit Regident Samsat Sampang Achmad Rochan. Sosialisasi yang dimulai pukul 13.00 itu diikuti seluruh petugas juru parkir (jukir) di pinggir jalan se-Sampang.

Ada beberapa materi yang dibahas atau disampaikan kepada peserta. Meliputi dasar hukum pelaksanaan program, titik lokasi parkir berlangganan, rekrutmen petugas jukir, dan sistem pembayaran gaji atau intensif. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Eko Hariyanto menyampaikan, sosialisasi bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat terutama kepada para juru parkir (jukir) terkait rencana penerapan parkir berlangganan di pinggir jalan. Dishub mengundang semua jukir di pinggir jalan, baik yang bekerja di wilayah kota maupun di kecamatan.

”Sosialisasi ini penting dilakukan agar masyarakat tahu dan ikut menyukseskan program parkir berlangganan. Petugas jukir diharapkan bekerja secara maksimal dan sesuai aturan,” tegasnya.

Dishub sudah membuat draf peraturan bupati (perbup) tentang parkir berlangganan untuk diajukan kepada Bagian Hukum Setkab Sampang. Kemudian, akan dibuat surat keputusan bersama (SKB) dengan bupati, polisi, dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Timur.

”Kami akan merekrut 75 jukir yang diseleksi melalui hasil kinerja selama ini. Mereka akan mendapat surat keputusan (SK) bupati dan digaji sesuai dengan UMK,” terangnya.

Parkir berlangganan bertujuan meminimalkan kebocoran retribusi parkir dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Pembayaran parkir berlangganan dilakukan saat warga membayar pajak kendaraan bermotor di samsat.

Ada stiker khusus untuk ditempelkan di kendaraan sebagai bukti bahwa warga sudah membayar retribusi parkir berlangganan. ”Kemungkinan peraturan parkir berlangganan mulai diterapkan pada triwulan pertama 2019. Kami bersama satlantas akan terus menyosialisasikan kepada masyarakat,” tandas Eko.

(mr/nal/hud/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia