Selasa, 19 Mar 2019
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Sertifikat Pendidik Bisa Gugurkan Nilai Tertinggi

13 Desember 2018, 02: 05: 59 WIB | editor : Abdul Basri

PENUH HARAP: Peserta menunggu giliran proses SKB di halaman kantor BKPSDM Senin lalu.

PENUH HARAP: Peserta menunggu giliran proses SKB di halaman kantor BKPSDM Senin lalu. (ANIS BILLAH/RadarMadura.id)

PAMEKASAN – Tahapan proses seleksi rekrutmen CPNS sudah selesai. Proses seleksi kompetensi bidang (SKB) pada Minggu dan Senin (9–10/12) merupakan tahap terakhir. Peserta yang sudah mengikuti SKB tinggal menunggu hasil pengumuman.

Kendati demikian, peserta CPNS yang mendapatkan nilai bagus belum tentu bisa diterima sebagai abdi negara. Panitia seleksi nasional (panselnas) masih menyeleksi hasil seleksi tiap peserta. Sebab, selain dari hasil tes, masih ada persyaratan yang lain.

Khusus tenaga pendidikan yang memiliki sertifikat pendidik memiliki peluang lebih besar untuk terpilih sebagai PNS. Meski hasil akumulasi dari SKD dan SKB rendah, mereka memiliki ruang untuk mengabdikan diri pada negara.

Kabid Data Pengadaan dan Pembinaan Aparatur BKPSDM Pamekasan Suharto membenarkan bahwa sertifikat pendidik bisa menggugurkan peserta yang memiliki nilai tertinggi. Sekalipun mereka merupakan peserta yang lolos SKB melalui passing grade.

”Ya, (sertifkat pendidik) bisa menunjang hasil seleksi. Kendati begitu, yang berhak memberikan keputusan tetap panselnas. Terserah panselnas, mana yang sesuai dengan Permen PAN-RB baik 37 maupun yang 61 2018,” katanya Rabu (12/12).

Pihaknya meminta peserta menunggu hasil pengumuman dari panselnas. Selama belum ada pengumuman resmi, dia berharap peserta tidak terpengaruh informasi yang sumbernya tidak jelas dan belum tentu benar. ”Kemungkinan setelah hasil seleksi selesai, panselnas akan memanggil kami. Sama seperti pada saat pengumuman hasil SKD,” tukasnya. (bil)

(mr/luq/bas/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia