Jumat, 15 Nov 2019
radarmadura
icon featured
Sampang

Puluhan Ribu Kartu BPNT Belum Disalurkan

Belasan Desa tanpa E-Warung

30 November 2018, 16: 46: 03 WIB | editor : Abdul Basri

Puluhan Ribu Kartu BPNT Belum Disalurkan

Share this      

SAMPANG – Jatah bantuan pangan nontunai (BPNT) di Sampang ditujukan untuk 134 ribu keluarga penerima manfaat (KPM). Namun, 56 ribu penerima program pengganti beras sejahtera (rastra) itu belum mendapatkan kartu.

Pemimpin Cabang BRI Sampang Bari Indro Pratomo mengakui masih ada desa yang belum mempunyai e-warung.”Mungkin karena belum ada e-warung,” ujarnya Kamis (29/11).

Dia menginginkan penerima BNPT yang sudah menerima kartu datang dan langsung mencairkan bantuan di setiap e-warung. ”Tugas kami menyelesaikan sisa 56 ribu. Kalau kami ingin secepatnya selesai,” katanya.

”Kami meminta penerima kartu mencairkan bantuan supaya ketika ada permasalahan di lapangan segera diselesaikan,” imbaunya.

Apalagi, lanjut Bari, kartu data 78 ribu penerima rata-rata dobel. Misalnya, nama, tanggal lahir, dan semacamnya. Mau diserahkan kepada penerima lain yang berhak menerima atau dihapus, itu bergantung pada pemkab. Sebab, pihaknya hanya berwenang mencetak buku dan ATM untuk dibagikan.

”Silakan datang ke e-warung bagi yang sudah menerima kartu untuk mengecek. Kalau memang ada persoalan, silakan datang ke BRI,” sarannya.

Saat ini masih ada 13 desa yang belum menyelesaikan e-warung. Di antaranya, Desa Angsokah, Rongdalem, Tlambah, Rabasan, Apaan, Banyumas, Baruh, Panggung, Taman Sareh, Banyusokah, Karang Anyar, Ketapang Daya, dan Jatra Timur.

”Untuk e-warung yang belum selesai, kami masih menunggu usulan dari pemeritah desa. Untuk penyelesaian kartu oleh dinsos, kami diminta sebulan selesai. pada 23 Desember harus diselesaikan,” bebernya.

Pengelolaan e-warung dari pemerintah desa. Tujuannya bukan hanya bantuan nontunai, melainkan pemberdayaan ekonomi pedesaan.

Untuk diketahui, nominal bantuan tersebut Rp 110 ribu tiap penerima. Total anggaran per bulan sekitar Rp 13 miliar. 

(mr/rul/onk/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia