Senin, 17 Jun 2019
radarmadura
icon-featured
Politik Pemerintahan

Pemilu 2019 Kotak dan Bilik Suara Berbahan Kardus

24 November 2018, 11: 47: 49 WIB | editor : Abdul Basri

DIPROSES: Petugas memasukkan kotak suara ke dalam truk di gudang belakang kantor dishub beberapa waktu lalu.

DIPROSES: Petugas memasukkan kotak suara ke dalam truk di gudang belakang kantor dishub beberapa waktu lalu. (RadarMadura.id)

Share this      

SAMPANG – Pada pilkada dan pemilu sebelumnya, kotak dan bilik suara berbahan aluminium. Tapi, logistik Pemilu 2019 berbahan kardus.

Tak heran kedatangan ribuan bilik dan kotak suara Pemilu 2019 itu mendapat perlakuan khusus. Sebab, bahan yang digunakan masuk kategori mudah terbakar dan rusak.

Ketua KPU Sampang Syamsul Mu'arif mengutarakan, kedatangan bilik dan kotak suara Pemilu 2019 merupakan persiapan kelengkapan logistik menjelang pesta demokrasi tahun depan. Perubahan bahan logistik tersebut sudah menjadi kebijakan yang telah ditetapkan KPU RI.

”Bilik dan kotak suara sudah diproses dan saat ini berada di gudang penyimpanan. Bahannya merupakan kewenangan KPU pusat, kami hanya menerima,” ujarnya kemarin (23/11).

Karena bilik dan kotak suaranya berbahan kardus, Syamsul mengimbau kepada seluruh jajaran KPU dan pihak terkait agar gudang penyimpanan logistik tidak lembab. Bahkan harus mendapat perlakuan khusus.

”Yang penting, gudang logistik tidak lembab, bebas dari rayap, dan yang paling penting tidak boleh bocor atapnya. Bahan logistik gampang rusak,” bebernya.

Pria asal Kecamatan Torjun itu mengaku belum mengetahui secara resmi total bilik dan kotak suara yang diterimanya. Namun, dia memastikan bahwa jumlah bilik dan kotak suaranya sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan Pemilu 2019.

”Jumlahnya belum kami rekap. Sampai saat ini, dalam pendistribusian dari perusahaan terkait,” kata dia.

”Kami masih akan melakukan pengecekan dan penghitungan saat semua sudah datang ke gudang penyimpanan kami,” sambungnya.

Syamsul menjelaskan, KPU akan melelang 1.450 kotak suara yang pernah digunakan dalam Pilakada Sampang. Namun, dia belum mengetahui secara detail petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) pelelangan untuk kotak suara yang sudah diganti.  

(mr/rul/onk/bas/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia