Selasa, 11 Dec 2018
radarmadura
icon featured
Sampang

Realisasi BPNT Butuh 186 E-Warung

22 November 2018, 00: 42: 29 WIB | editor : Abdul Basri

Realisasi BPNT Butuh 186 E-Warung

SAMPANG – Mulai akhir bulan ini beras sejahtera (rastra) bagi warga kurang mampu akan dihapus. Pemerintah pusat akan mengganti dengan bantuan pangan nontunai (BPNT). Kini, masih ada 30 desa/kelurahan yang masih memproses e-warung. Deadline tersisa empat hari kerja.

Kabid Bantuan Sosial dan Perlindungan Sosial Dinsos Sampang Samsul Hidayat mengatakan, pada Selasa (13/11) pihaknya melakukan sosialisasi dengan mengumpulkan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK). Ternyata masih ada desa/kelurahan tanpa e-warung.

”E-warung jumlahnya 186. 156 sudah mengaku siap. Cuma ada 30 yang belum dan masih proses. Berkas persyaratannya masuk ke bank,” kata dia Selasa (20/11).

Pendirian e-warung, lanjut pria yang akrab disapa Dayat itu, surat izin usaha nantinya dari kepala desa (Kades). Karena mulai 25 November mendatang dana sudah masuk ke e-warung.

Pihaknya bertugas memonitor, termasuk BRI. ”Mesin EDC (electronic data capture) sudah disiapkan BRI,” imbuhnya.

Sementara rastra sudah didistribusikan semua. Disebutkan, jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) BPNT 119.512 keluarga. Data tersebut sesuai penerima rastra. Nominalnya Rp 110 ribu per bulan. Anggaran tersebut akan dibelanjakan ke e-warung untuk kebutuhan pokok. ”Ya seperti telur, mi instan,” ujarnya.

Anggaran yang akan dikeluarkan untuk 119.512 KPM per bulan mencapai Rp  13.146.320.000. Penerima nantinya akan ada skala prioritas. Sebab, anggaran pemerintah terbatas.

Sekretaris Komisi IV DPRD Sampang Maniri mengatakan, jika sudah ada peraturan dari pemerintah, Kades harus menyalurkan rastra yang menjadi hak warga kurang mampu. Selain itu, pemerintah harus betul-betul jeli jika memang ada skala prioritas dalam penyaluran BPNT.

”Kami meminta agar program ini berjalan. Tidak ada lagi warga kurang mampu tidak mendapatkan bantuan,” kata politikus PKB asal Kecamatan Karang Penang itu. 

(mr/rul/onk/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia