Selasa, 11 Dec 2018
radarmadura
icon featured
Sampang

Pelanggaran Paling Banyak Tidak Pakai Helm

13 November 2018, 09: 11: 12 WIB | editor : Abdul Basri

MAU KE MANA KAMU?: Pengendara motor tidak menggunakan helm distop dan ditindak oleh polantas saat berlangsung Operasi Zebra di jalan raya Kecamatan Omben, Sampang.

MAU KE MANA KAMU?: Pengendara motor tidak menggunakan helm distop dan ditindak oleh polantas saat berlangsung Operasi Zebra di jalan raya Kecamatan Omben, Sampang. (RUSYDI ZAIN/RadarMadura.id)

SAMPANG – Kesadaran tertib berlalu lintas bisa dibilang masih rendah di wilayah hukum Polres Sampang. Operasi Zebra yang digelar selama 12 hari menjaring 1.295 pelanggar tata tertib lalu lintas.

Kasatlantas Polres Sampang AKP Achmadi menyatakan, pelanggar aturan lalu lintas didominasi pengendara motor. Selama Operasi Zebra, ada 990 pengguna motor yang ditilang. Jenis pelanggaran beragam.

Mulai tidak menggunakan helm, tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM), menerobos lampu merah, dan berkendara melawan arah. Yang paling banyak adalah pengendara motor tidak menggunakan helm dan tidak memiliki SIM.

Untuk pelanggaran yang dilakukan pengemudi mobil, paling banyak tidak menggunakan sabuk pengaman dan menerobos lampu merah. Selain itu, tidak memiliki SIM dan menerobos markah jalan.

Dia menyatakan, kendaraan roda empat dan sejenisnya yang terjaring Operasi Zebra sebanyak 305 unit. ”Jika pelanggarannya ringan, kami tegur. Tapi kalau pelanggarannya fatal, kami langsung tilang,” tegas dia.

Pihaknya setiap pagi melakukan sosialisasi di tiap persimpangan jalan di wilayah Sampang. Polisi menegur pengendara motor dan pengemudi mobil supaya mematuhi tata tertib lalu lintas.

Pihaknya juga rutin memberikan teguran dan peringatan kepada pengendara motor yang tidak menggunakan alat keselamatan saat berkendara. Di antaranya tidak menggunakan helm.

”Akan kami tingkatkan sosialisasi dan penindakan agar pengendara mematuhi tata tertib lalu lintas. Jadi, tidak hanya dalam Operasi Zebra ini, tapi seterusnya,” pungkas Achmadi.

(mr/rus/hud/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia