Selasa, 11 Dec 2018
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Pemilihan Rektor UTM Gagal

Pelaksanaan Tunggu Kemenristekdikti

09 November 2018, 10: 55: 55 WIB | editor : Abdul Basri

Safi’  Sekretaris Panitia Pemilihan Rektor UTM.

Safi’ Sekretaris Panitia Pemilihan Rektor UTM. (RadarMadura.id)

BANGKALAN – Sesuai jadwal, pemilihan rektor Universitas Trunojoyo Madura (UTM) periode 2018–2022 dilaksanakan Rabu (7/11). Tetapi, gagal digelar. Sebab, dari pihak Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) belum siap sehingga tidak bisa dilaksanakan.

Sekretaris Panitia Pemilihan Rektor UTM Bangkalan Safi’ mengutarakan, senat UTM memang menjadwal 7 November untuk pemilihan rektor. Namun, dari Kemenristekdikti belum ada konfirmasi kesiapan.

”Alasannya, penelusuran rekam jejak calon yang harus melibatkan PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) belum selesai,” kata dia Kamis (8/11).

Saat ini pihak senat UTM masih menunggu kesiapan dari Kemenristekdikti. Sebab, pemilihan rektor kali ini melibatkan forum senat dan pihak kementerian. ”Komposisi suara, senat itu 65 persen dan kementerian 35 persen,” jelasnya.

Pada saat pemilihan rektor berlangsung, senat UTM dan pihak Kemenristekdikti harus ada. jika salah satu pihak tidak ada, tentu tidak bisa digelar. ”Pemilihan harus dijadwalkan. Menteri atau yang ditugaskan menteri harus hadir,” terangnya.

Pria asal Sumenep itu menambahkan, selambat-lambatnya pemilihan rektor harus digelar dua minggu sebelum jabatan rektor definitif berakhir. ”Masa jabatan rektor UTM berakhir tanggal 18 Desember,” ungkap dia.

Untuk itu, Safi’ berharap, jauh sebelum batas waktu yang ditentukan, konfirmasi kesiapan dari kementerian sudah ada kepastian. ”Sebelum dua minggu jabatan rektor berakhir, kami ingin sudah ada kepastian,” jelasnya.

Sekadar diketahui, ada tiga orang yang terpilih sebagai calon rektor UTM. Yakni, mantan dekan FEB, Muhammad Nizarul Alim, Rektor UTM Muh. Syarif, dan Dekan Fakultas Pertanian Slamet Subari. 

(mr/daf/onk/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia