Kamis, 13 Dec 2018
radarmadura
icon featured
Sampang

Pemeliharaan Dekorasi Kota Telan APBD Rp 671 Juta

08 November 2018, 01: 00: 59 WIB | editor : Abdul Basri

AGAR TAMBAH BAGUS: Petugas DLH memperbaiki lampu dekorasi kota di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Sampang.

AGAR TAMBAH BAGUS: Petugas DLH memperbaiki lampu dekorasi kota di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Sampang. (ZAINAL ABIDIN/RadarMadura.id)

SAMPANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang mengeluarkan anggaran Rp 671.290.756 untuk pemeliharaan lampu dekorasi kota. Organisasi perangkat daerah (OPD) yang dinakhodai Misdi itu kembali mengajukan dana tambahan Rp 6 juta melalui perubahan anggaran keuangan (PAK) 2018.

Kabid Konservasi, Rehabilitasi Lingkungan dan Pertamanan DLH Sampang Imam Irawan mengatakan, anggaran tersebut digunakan untuk sejumlah program. Yakni, pengadaan tiang, pengadaan lampu hias atau dekorasi, dan perbaikan rutin atau berkala lampu dekorasi kota.

Pemasangan lampu dekorasi kota tahun ini hampir tuntas 100 persen. Lokasinya di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Wijaya Kusuma, Monumen Trunojoyo, Jembatan Tajung Jalan Syamsul Arifin, dan di sejumlah taman kota.

”Setiap lokasi dipasang 10 unit lampu. Jenis lampu yang digunakan yaitu lampu solar cell harganya Rp 15 juta per paket,” jelasnya Selasa (6/11).

Meski jumlah dana pemeliharaan yang disediakan cukup besar, namun itu belum cukup untuk biaya pemasangan dan pemeliharaan lampu hias di taman kota. Maka dari itu, instansinya mengajukan dana tambahan kepada pemkab Rp 6 juta. ”Pemasangan di taman lebih diprioritaskan,” ujarnya.

Program pemasangan lampu dekorasi merupakan upaya pengembangan tatanan kota dan  mempercantik pemandangan kota saat malam hari. Tahun ini, pengembangan dekorasi kota fokus di lokasi yang dinilai strategis dan selalu ramai dikunjungi warga.

”Semoga dana tambahan yang kami ajukan segera cair agar pemasangan lampu hias di taman bisa secepatnya dilakukan,” harapnya.

Sementara itu, anggota Komisi III DPRD Sampang Sohebus Sulton menilai besaran  anggaran yang dikeluarkan pemkab untuk program pemeliharaan dekorasi kota wajar dan sesuai dengan target yang diinginkan. ”Sejauh ini kami lihat hasilnya bagus. Ke depan kami minta DLH bisa lebih fokus memelihara dan mengembangkan lampu dekorasi di taman,” kata Politikus Gerindra itu. 

(mr/nal/onk/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia