Kamis, 15 Nov 2018
radarmadura
 
icon featured
Sumenep

Peminat Layanan SIM Online Seminggu Hanya Satu Orang

Selasa, 16 Oct 2018 15:17 | editor : Abdul Basri

ANTRE: Sejumlah warga mengantre di ruang tunggu pelayanan SIM Satlantas Polres Sumenep, Senin (15/10).

ANTRE: Sejumlah warga mengantre di ruang tunggu pelayanan SIM Satlantas Polres Sumenep, Senin (15/10). (ALI HAFIDZ. S/Radarmadura.id)

    SUMENEP – Layanan pendaftaran pembuatan dan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) online kurang diminati. Padahal prosesnya mudah. Pemohon tidak harus datang ke mapolres untuk mendaftar.

Kanit Regident Satlantas Polres Sumnep Ipda Agus Prayitno, S.H. mengakui hal itu. Menurut dia, dalam sepekan sangat sedikit pemohon yang menggunakan layanan itu. ”Seminggu hanya satu orang,” katanya, Senin (15/10).

            Pelayanan SIM online sudah berjalan sejak 2017. Hingga saat ini layanan tersebut masih dibuka. Pihaknya akan terus berupaya agar layanan itu kian digemari masyarakat.

Untuk biaya juga tidak jauh beda. Untuk perpanjangan SIM C dikenakan biaya Rp 75 ribu. Sementara pembuatan baru hanya Rp 100 ribu. Sedangkan SIM A Rp 80 ribu untuk perpanjangan dan Rp 120 ribu untuk buat baru.

            Proses pembuatan SIM online juga sama dengan manual. Pemohon harus memenuhi semua persyaratan. Di antaranya, memiliki e-KTP dan surat keterangan kesehatan.  

(mr/*/han/fat/bas/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia