Kamis, 18 Oct 2018
radarmadura
icon featured
Sampang

Sheet Pile Senilai Rp 149 Miliar Nyaris Roboh

Pemkab - DPRD Lakukan Sidak

Jumat, 21 Sep 2018 01:56 | editor : Abdul Basri

PERTANYAKAN KUALITAS PROYEK: Komisi III DPRD Sampang bersama rombongan saat sidak sheet pile Kali Kamoning yang tiba-tiba miring Kamis (20/9).

PERTANYAKAN KUALITAS PROYEK: Komisi III DPRD Sampang bersama rombongan saat sidak sheet pile Kali Kamoning yang tiba-tiba miring Kamis (20/9). (RUSYDI ZAIN/radarmadura.id)

SAMPANG – Proyek pembangunan sheet pile dan normalisasi Kali Kamoning nyaris roboh. Dinding bangunan tersebut tiba-tiba miring ke arah sungai. Pembangunan tersebut dianggarkan sebesar Rp. 149 Miliar.

Kondisi tersebut memunculkan reaksi dari berbagai pihak. Penjabat (Pj) bupati Sampang Jonathan Judianto dan jajarannya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi pemasangan sheet pile di Kelurahan Dalpenang, Kota Sampang, Kamis (20/9). Berselang satu jam rombongan Komisi III DPRD Sampang juga datang ke lokasi.

Pj Bupati Sampang Jonathan Judianto mengungkapkan, berdasar penjelasan yang disampaikan oleh pelaksana, panjang sheet pile itu 16 meter. Yang harus tertanam itu adalah 10 meter.

Setelah itu terpancang, sesuai perencanaan, maka dilakukan pengerukan di sisi sungai sedalam 1,35 meter untuk normalisasi sungai dan di bantaran sungai.

Namun setelah dilakukan pengerukan sedalam 1,35 meter, ternyata tiang panjang itu ambles dan miring ke sisi sungai.

Akibatnya, sheet pile ambles dan miring. Bahkan, menarik sebagian sheet pile yang sudah terpancang ke sisi sungai. Menurut pelaksana, lanjut Jonathan, itu diakibatkan oleh rembesan air di bawah sheet pile.

”Kami sudah datangi ke lokasi, kami melihat kondisinya. Memang, kata pelaksana itu, di bawah sheet pile yang dipancang kandungan airnya tinggi, dan itu tidak terdeteksi sebelumnya,” paparnya.

Jonathan meminta kepada pelaksana supaya mengeruk kembali tempat pemancangan sheet pile tersebut. dengan demikian, diketahui nanti solusinya seperti apa.

Satu jam kemudian rombongan Komisi III DPRD Sampang tiba di lokasi. Mereka menemukan beberapa kejanggalan. Di antaranya, kualitas dari corrugated concrete sheet pile (CCSP) yang digunakan pelaksana. Jika sheet pile yang sudah dipancang tersebut ternyata patah bukan ambles, maka kualitas sheet pilen perlu dipertanyakan.

”Saya tanya, tidak patah. Tapi, hanya ambles dan miring,” kata Moh Anwar selaku anggota Komisi III DPRD Sampang.

Dia mengatakan, kedatangannya tidak lain hanya untuk memastikan atas kabar tersebut. Karena bagaimanapun, masyarakat Sampang sangat menginginkan proyek penanggulangan banjir itu segera diselesaikan.

Laksamana selaku pelaksana proyek dari PT Rudy Jaya, KSO Jati Wangi mengatakan, sheet pile yang ambles dan sliding tanahnya itu sudah dipasang sejak enam bulan yang lalu. Menurut dia, sliding sheet pile tersebut setelah dilakukan pengerukan untuk normalisasi sungai.

”Sementara ini, kami menduga akibat dari kandungan air yang banyak di bagian bawah sheet pile. Masih kami lakukan kajian penyebab sesungguhnya,” ujarnya.

Namun demikian, pihaknya menegaskan bahwa akan melakukan perbaikan terhadap sheet pile yang sliding tersebut. Selain itu, pihaknya juga memastikan bahwa CCSP tidak patah melainkan hanya miring.

Dia menyebut, total anggaran proyek pembangunan sheet pile dan normalisasi Kali Kamoning itu sebesar Rp 149 miliar. Namun, untuk tahun ini hanya Rp 30 miliar yang bisa diserap.

”Total sheet pile yang harus dipancang itu 4.200 meter. Saat ini sudah 1.200 meter,” terangnya.

Sementara Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas Sri Purwaningsih mengatakan, setelah diidentifikasi, penyebab terjadinya sliding itu akibat adanya sumber air yang menjadi jenuh di belakang CCSP yang kedap. Jadi, air yang jenuh tersebut menghasilkan sebuah tekanan yang dapat menghantam CCSP yang menyebabkan sliding dan miring.

Menurut dia, CCSP yang sliding akan diangkat dan diganti baru. ”Jika tak bisa dicabut akan dipotong dan dipasang topping dan mini pile,” tegasnya. 

(mr/rus/onk/fat/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia