Kamis, 18 Oct 2018
radarmadura
icon featured
Pamekasan

Harga Jual Tembakau Tinggi, Tiga Gudang Tutup

Jumat, 21 Sep 2018 06:25 | editor : Abdul Basri

MENUMPUK: Tumpukan tembakau di gudang PT Djarum di Desa Tambung, Kecamatan Pademawu, Kamis (20/9).

MENUMPUK: Tumpukan tembakau di gudang PT Djarum di Desa Tambung, Kecamatan Pademawu, Kamis (20/9). (ANIS BILLAH/radarmadura.id)

PAMEKASAN – Panen raya tembakau di Madura belum Tuntas. Namun sebanyak tiga gudang sudah tutup tidak melakukan pembelian sejak Rabu (19/09). Alasannya akibat harga jual yang dilakukan petani terlalu mahal.

Tiga gudang tembakau yang tutup diantaranya, PT Wismilak, PT Sukun, dan PT Nujorono. Namun, dua di antara tiga perusahaan itu masih ada kemungkinan melakukan pembelian lagi. Sebab, surat pemberitahuan ke disperindag hanya tutup sementara.

Kabid Perlindungan Konsumen dan Kemetrologian Disperindag Pamekasan Imam Hidayat mengungkapkan PT Wismilak sejak awal tidak banyak melakukan pembelian tembakau. Alasannya, harga dari penjual dinilai terlalu tinggi oleh perusahaan. ”Pembelian tembakau oleh PT Sukun sudah mencapai 90 persen dari target,” ujarnya.

Selain itu, dia menyebut alasan gudang tutup dan tidak melakukan pembelian tembakau karena sudah memenuhi target. Ada juga gudang yang memilih tutup dengan alasan harga tembakau yang dipatok penjual terlalu tinggi.

Imam menjelaskan, selama gudang buka, pembelian tembakau terus bertambah. Diperkirakan, akhir September seluruh tembakau di daerah Pamekasan habis terjual. ”Saat ini tembakau yang belum dijual tinggal sedikit,” tuturnya. 

(mr/*/fat/hud/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia