Kamis, 18 Oct 2018
radarmadura
icon featured
Features

Institut Teknologi Telkom Surabaya Resmi Dibuka

Kamis, 20 Sep 2018 15:13 | editor : Abdul Basri

BUKA BEASISWA: Gedung Institut Teknologi Telkom Surabaya (IT Telkom Surabaya) di Jalan Gayungan PTT No. 17-19 Surabaya.

BUKA BEASISWA: Gedung Institut Teknologi Telkom Surabaya (IT Telkom Surabaya) di Jalan Gayungan PTT No. 17-19 Surabaya. (IT TELKOM SURABAYA FOR radarmadura.id)

SURABAYA -  Kota Surabaya Merupakan gerbang sekaligus pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia Timur. Juga pusat industri maritim, pusat logistik, dan hubungan utama transportasi darat, laut, dan udara. IT Telkom Surabaya hadir untuk anak negeri.

Institut Teknologi Telkom Surabaya (IT Telkom Surabaya) kini resmi dibuka. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti). Surat itu bernomor 733/KPT/I/2018 tanggal 4 September 2018 tentang Izin Pendirian Institut Teknologi Telkom Surabaya di Kota Surabaya, Jawa Timur. Pendidikan tinggi itu diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT).

Dengan diterbitkan izin ini, maka IT Telkom Surabaya sudah dapat melakukan penerimaan mahasiswa baru. Izin pendirian dari Dikti ini diperoleh setelah perguruan tinggi di Jalan Gayungan PTT No 17-19 Surabaya ini melalui visitasi dari Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada 10 Agustus 2018.

Rektor IT Telkom Surabaya Dr. Ir. Dwi S. Purnomo, M.M. mengatakan, kampus ini hadir dengan kekhasannya. Yaitu, kurikulum dan pengembangan kompetensi difokuskan pada aplikasi di bidang industri maritim, logistik, dan transportasi.

IT Telkom Surabaya mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) unggulan yang siap mengisi berbagai industri yang akan berkembang di era Revolusi Industri 4.0. Melalui program studi yang dimiliki, IT Telkom Surabaya berkomitmen untuk mengantarkan setiap anak didik memenangkan tantangan persaingan masa depan dengan kompetensinya masing-masing.

”Di awal pendirian kami membuka 7 program studi, yaitu Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro, Teknik Komputer, Teknik Industri, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak (software engineering),” jelasnya.

Dia berharap kampus yang dipimpinnya dapat menjadi ikon baru pendidikan di Kota Pahlawan. Keberadaannya diharapkan dapat memberikan kontribusi besar pada perkembangan pendidikan di Kawasan Indonesia bagian Timur. Khususnya untuk memajukan industri maritim, logistik, dan transportasi di Indonesia.

”Melalui pembukaan IT Telkom Surabaya ini kami berkomitmen untuk memberikan layanan pendidikan berkualitas pada masyarakat, khususnya di kawasan Indonesia Timur,” tuturnya.

Dipilihnya Surabaya menjadi lokasi perguruan tinggi baru YPT bukan tanpa sebab. Surabaya merupakan gerbang sekaligus pusat pertumbuhan ekonomi di kawasan Indonesia Timur. Kota ini juga menjadi pusat industri maritim, pusat logistik, dan hubungan utama transportasi darat, laut, dan udara.

”Karakteristik kota Surabaya di atas juga kami adopsi untuk menjadi basis link and match antara bidang yang digeluti di IT Telkom Surabaya dengan kebutuhan industri,” ucapnya.

IT Telkom Surabaya pun mendukung program pemerintah melalui pemerataan pendidikan tinggi. Khususnya untuk anak-anak yang berasal dari kawasan timur Indonesia. IT Telkom Surabaya memiliki kebijakan khusus yang ditujukan untuk anak-anak dari Papua dan Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, NTT, Kalimantan, NTB, dan Sulawesi, melalui penyediaan kuota khusus dan jalur seleksi khusus.

”Kami berkomitmen untuk membangun bangsa melalui pendidikan, anak-anak di kawasan timur Indonesia juga memiliki hak yang sama. Untuk itu, melalui beasiswa khusus ini, dialokasikan minimal 10 persen dari kursi yang tersedia untuk calon mahasiswa dari kawasan Indonesia Timur tersebut,” ungkap Dwi S. Purnomo.

Di tahun awal pendirian IT Telkom Surabaya, disediakan beasiswa prestasi bagi 35 pendaftar. Selain itu, tersedia beragam beasiswa, seperti bidikmisi dari pemerintah, serta beasiswa-beasiswa dari Telkom Group, dan partner kerja sama.

IT Telkom Surabaya merupakan salah satu perguruan tinggi yang berada di bawah naungan YPT dan didukung penuh oleh PT Telkom Indonesia, Tbk. Saat ini YPT dipimpin oleh Dr. Ir. Dwi S. Purnomo, M.M. yang sekaligus menjadi rektor kampus.

IT Telkom Surabaya adalah kampus keempat yang dimiliki oleh YPT. Tiga perguruan tinggi yang  telah lebih dahulu ada yaitu Telkom University di Bandung, Institut Teknologi Telkom Purwokerto  sebagai satu-satunya Insititut Teknologi di Jawa Tengah dan Akatel Jakarta.

YPT juga menaungi 50 lembaga pendidikan dasar dan menengah dengan brand Telkom Schools, sebagai jaminan sekolah berkualitas premium. Selain empat anak perusahaan yang dimiliki oleh YPT, yaitu PT Sandhy Putramakmur (Sypuma), PT Bhakti Unggul Teknovasi, PT Trengginas Jaya, dan PT KLZ, YPT juga diperkuat dengan satu lembaga sertifikasi yaitu Telkom Professional Certification Center (TPCC). Seluruh lembaga pendidikan YPT ini tersebar di 36 kota dan 22 provinsi.

”Dengan pengalaman lebih dari 28 tahun mengelola pendidikan di berbagai tingkatan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan kualitas di IT Telkom Surabaya, karena tentunya telah terstandar, sebagaimana lembaga pendidikan kami yang lain. Mari bergabung bersama kami di IT Telkom Surabaya,” tandas Dwi S. Purnomo.

(mr/*/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia