Jumat, 21 Sep 2018
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Ribuan Keluarga Miskin Belum Tersentuh PKH

Rabu, 12 Sep 2018 19:06 | editor : Abdul Basri

Ribuan Keluarga Miskin Belum Tersentuh PKH

BANGKALAN – Puluhan ribu keluarga miskin di Bangkalan belum tersentuh program keluarga harapan (PKH). Program Kementerian Sosial (Kemensos) itu belum merata. Di Bangkalan masih terdapat keluarga miskin yang belum mendapat bantuan sosial (bansos) tersebut.

Data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Bangkalan 2017, rumah tangga miskin di Bangkalan mencapai 141.500. Sementara data Kemensos, penerima program PKH di Kota Salak 2018 sebanyak 72.443 keluarga penerima manfaat (KPM). Artinya, sebanyak 69.057 keluarga miskin belum tersentuh PKH.

”Masih banyak keluarga yang memiliki penghasilan di bawah Rp 1,5 juta per bulan. Kemudian, tinggal di rumah tidak layak huni. Itu bisa masuk kategori miskin,” ungkap Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinsos Bangkalan Didik Yanuardi.

Mengacu pada jumlah BPS, jumlah rumah tangga miskin yang belum ter-cover bansos PKH masih banyak. Namun pihaknya mengaku tidak bisa berbuat lebih. Sebab, daftar penerima bansos ditentukan dari pemerintah pusat. ”Daerah hanya menerima. Bukan kami yang menentukan,” tutur Didik.

Koordinator Kabupaten (Korkab) Pendamping PKH Bangkalan Heru Wahjudi menerangkan, pihaknya tidak mengetahui pasti jumlah keluarga miskin yang belum tersentuh PKH. Sebab, pihaknya juga sebatas menerima data penerima dari Kemensos. ”Kami hanya mengikuti instruksi dari kementerian,” ujarnya Selasa (11/9).

Pihaknya melakukan validasi penerima jika terdapat instruksi dari kementerian. Namun sejauh ini, lanjutnya, belum ada pentunjuk untuk kembali melakukan pemutakhiran data penerima. Beberapa waktu lalu pihaknya melakukan validasi terhadap 30.642 daftar KPM.

Setelah dilakukan proses pemutakhiran data, hanya 18.009 KPM yang valid. Sementara 12.633 KPM dinyatakan tidak berhak (non-eligible). ”72.443 KPM itu sudah sesuai dengan data validasi yang kami kirimkan ke pusat. Belum tahu berapa yang belum tervalidasi. Kami acuannya dari pusat,” paparnya.

Heru mengatakan, dari hasil pemutakhiran data 2018, penerima PKH reguler di Bangkalan mencapai 72.443 KPM. Total dana yang dikucurkan untuk KPM PKH reguler Rp 136.917.270.000. Informasi yang diterima, tahun depan akan ada perluasan KPM PKH.

Dia memperkirakan, setiap tahun akan ada penambahan penerima untuk memutus rantai kemiskinan. Salah satunya di Bangkalan. ”Penambahannya bertahap setiap tahun. Kami tidak bisa menambah atau mengurangi jumlah penerima. Jika ada yang non-eligible, kami sebatas melaporkan,” tandasnya. 

(mr/bad/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia