Sabtu, 07 Dec 2019
radarmadura
icon featured
Politik Pemerintahan

Perolehan Suara Sesuai Nomor Urut Paslon

30 Juni 2018, 15: 50: 20 WIB | editor : Abdul Basri

BERSYUKUR: Cabup-cawabup Sampang Slamet Junaidi-Abdullah Hidayat (Jihad) mengumumkan perolehan suara berdasar hasil penghitungan internal.

BERSYUKUR: Cabup-cawabup Sampang Slamet Junaidi-Abdullah Hidayat (Jihad) mengumumkan perolehan suara berdasar hasil penghitungan internal. (HENDRIYANTO/Radar Madura/JawaPos.com)

Share this      

SAMPANG – Perolehan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pamekasan dan Sampang sama dengan nomor urut pasangan calon (paslon). Di perolehan suara sementara cabup-cawabup Pamekasan nomor urut satu Bersama Baddrut Tamam-Raja’e (Berbaur) di atas paslon nomor urut dua pasangan Kholilurrahman–Fathorrahman (Kholifah).

Perolehan suara paslon di Sampang juga demikian. Di laman resmi KPU RI infopemilu.kpu.go.id, pasangan nomor urut satu Slamet Junaidi-Abdullah Hidayat (Jihad) sementara unggul. Pasangan ini memperoleh 222.233 (39,05 persen).

Disusul pasangan nomor urut dua Hermanto Subaidi-Suparto (Mantap) yang mendapat 206.785 (36,34 persen). Sedangkan nomor urut tiga H. Hisan-Abdullah (Hisbillah) 140.041 (24,61 persen).

Data perhitungan dari form model C1 itu hingga pukul 16.13 Jumat (29/6). Data tersebut masih dilakukan pada 1.213 tempat pemungutan suara (TPS) dari total 1.450 TPS. ”Perhitungan resmi masih dalam proses dari tingkat kecamatan sampai kabupaten nanti. Hasil perolehan akan diumukan resmi melalui pleno oleh KPU,” terang Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif.

Jika perhitungan cepat berdasarkan C1 ada kesalahan, akan dilakukan perbaikan sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku. Karena itu, hasil perhitungan cepat tidak bisa dijadikan acuan resmi sebelum perhitungan manual di tingkat penyelenggara. ”Tanggal 6 Juli terakhir perhitungan di tingkat kabupaten,” ungkapnya.

Mahfud selaku sekretaris tim pemenangan Jihad mengatakan, sesuai perhitungan internal pihaknya unggul. Pihaknya merilis kembali perolehan suara setelah 100 persen data C1 dientri. Jihad mendapatkan 37,5 persen, Mantap 36,3 persen, dan Hisbullah 24,0 persen.

”Data ini setelah seratus persen C1 sampai dengan aman dan kami entri. Setelah semua tim yang terlibat susah payah, kami mendapatkan suara terbanyak,” ucapnya.

Sebelumnya, tim pemenangan Mantap juga merilis hasil perhitungan cepat. Versi mereka, Mantap unggul dengan perolehan suara 42,1 persen. Disusul Jihad 39,1 persen suara. Sementara Hisbullah 19,7 persen.

Data 100 persen itu berasal dari 200 TPS dengan margin of error 1 persen. Sampel perolehan suara dari 8 kecamatan. Meliputi Banyuates, Sokobanah, Karang Penang, Omben, Kedungdung, Sampang, Jrengik, dan Sreseh.

Sementara pasangan Hisbullah tidak merilis penghitungan cepat. Mereka belum menyampaikan penghitungan yang dilakukan tim sukses. Namun sebelumnya, Moh. Saifuddin selaku ketua tim pemenangan Hisbullah meminta agar menunggu hasil akhir dari KPU Sampang.

(mr/fat/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia