Rabu, 19 Sep 2018
radarmadura
icon featured
Hukum & Kriminal

Karena Burung Pemuda ini Diamuk Massa

Kamis, 17 May 2018 16:59 | editor : Abdul Basri

TAK BERDAYA: Pelaku memegang kepalanya usai dimassa.

TAK BERDAYA: Pelaku memegang kepalanya usai dimassa. (SYAIFUL FOR Radar Madura/JawaPos.com)

PAMEKASAN – Hasbullah, 38, warga Desa Buddagan, Kecamatan Pademawu, menjadi sasaran amuk massa, Rabu dini hari (16/5). Dia kepergok mencuri lovebird milik Andi Surya Putra, warga Kelurahan Kolpajung, Kota Pamekasan.

Dugaan aksi pencurian terjadi sekitar pukul 01.00. Saat itu korban curiga karena ada kendaraan yang melintas dan tiba-tiba berhenti tidak jauh dari rumahnya. ”Sekitar lima menit dari itu pelaku sudah masuk pekarangan rumah saya. Dia langsung membobol sangkar burung di sebelah rumah,” katanya Rabu (16/5).

Saat itu dia bersama istrinya memang sengaja tidak tidur. Dia sudah memiliki firasat yang tidak enak. ”Lampu depan dan lampu dalam saya matikan. Jadi saya bisa leluasa melihat orang dari dalam,” terangnya.

Aksi pencurian itu juga diketahui karena di sangkar burung tersebut ada alarm. Jika ada yang membuka, otomatis berbunyi. ”Saat itu saya langsung keluar rumah. Istri saya kemudian berteriak kalau ada maling,” terangnya.

Mendengar teriakan tersebut, pencuri langsung kabur. Andi Surya Putra sempat mengejar pelaku seorang diri. Tak lama kemudian warga juga berhamburan ikut mengejar. Namun, warga sempat kehilangan jejak.

Sekitar pukul 04.30, pencuri tersebut keluar dari persembunyiannya. Warga lalu memergoki yang bersangkutan. Warga langsung menangkap dan melampiaskan amarahnya dengan memukul pelaku. ”Beruntung aparat kepolisian cepat datang. Kalau tidak, mungkin luka pelaku semakin parah,” terangnya.

            Pria yang akrab disapa Andi itu menjelaskan, sepekan lalu, dua pasang lovebird miliknya berhasil digasak pencuri. Harganya mulai Rp 5,5 juta dan 7,7 juta. ”Yang dicuri tadi harganya sekitar 4,5 juta,” terangnya.

            Rifanul Amali, warga setempat menjelaskan, pencuri tersebut sudah berhasil membawa satu burung milik Andi. Hal itu diketahui ketika warga menangkapnya. ”Burung curiannya masih dia pegang,” terangnya.

Kasubbaghumas Polres Pamekasan AKP Osa Maliki mejelaskan, pelaku sudah diamankan untuk pemeriksaan lebih lanjut. ”Pelaku pemain lama. Pelaku melanggar pasal 363 ayat satu KUHP,” pungkasnya.

(mr/sin/han/bas/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia