alexametrics
Selasa, 02 Mar 2021
radarmadura
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Mantan Bupati Sampang Noer Tjahja Bebas

28 Maret 2018, 06: 00: 59 WIB | editor : Abdul Basri

HIRUP UDARA SEGAR: Dari kiri, mantan bupati Sampang Noer Tjahja didampingi istri, Winahyu Noer Tjahja, bersama keluarga Hari Utomo di Rutan Kelas I Surabaya, Medaeng, Sidoarjo, Selasa (27/3).

HIRUP UDARA SEGAR: Dari kiri, mantan bupati Sampang Noer Tjahja didampingi istri, Winahyu Noer Tjahja, bersama keluarga Hari Utomo di Rutan Kelas I Surabaya, Medaeng, Sidoarjo, Selasa (27/3). (ISTIMEWA)

Share this      

SAMPANG – Mantan bupati Sampang Noer Tjahja menghirup udara segar mulai Selasa siang (27/3). Orang nomor satu di Sampang sejak 2008–2013 itu bebas setelah menjalani hukuman lima tahun penjara. Dia dijemput langsung oleh istri tercinta, Winahyu Noer Tjahja, dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I SurabayaMedaeng, Sidoarjo, sekitar pukul 10.00.

Tidak hanya Noer Tjahja, dua narapidana (napi) asal Sampang lainnya juga bebas. Yaitu, Hari Oetomo dan Muhaimin Buchori. Mereka juga dijemput keluarga tercinta. Mantan bupati Sampang bersama dua pejabat BUMD itu sebelumnya terlibat kasus yang sama. Yakni, kisruh di PT SMP.

Noer Tjahja menjalani sisa hukuman pasca divonis oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya. Sebelumnya dia menjalani dua pertiga kurungan pada saat proses persidangan. Hal yang sama dirasakan dua mantan pejabat PT SMP. Karena itu, mereka dinyatakan bebas bersamaan.

Winahyu Noer Tjahja mengaku tiba di Rutan Kelas I Surabaya, Medaeng, pukul 10.00. Tidak berselang lama, dia bertemu suaminya. ”Langsung menjemput bapak (Noer Noer Tjahja, Red),” katanya.

Dia menjemput Noer Tjahja bersama keluarga dekat dan sengaja tidak mengajak orang luar. Noer Tjahja langsung dibawa pulang ke rumah. Selanjutnya, tutur Winahyu, untuk sementara Noer Tjahja mau fokus bersama keluarga.

Noer Tjahja akan menjalani hidup bersama keluarga selama beberapa bulan ke depan. Baru setelah itu akan mencari kegiatan positif. Itu sudah menjadi komitmen bersama keluarga.

Kebebasan Noer Tjahja disambut baik oleh sejumlah warga Sampang. Sebab, kepemimpinan dia dinilai memberikan dampak positif. Salah satunya, pembangunan di Sampang. ”Alhamdulillah Pak Noer Tjahja bebas. Kami terkenang dengan beliau,” kata Salim, 34, warga Sampang. Menurut dia, tidak sedikit warga Sampang yang menaruh harap pada Noer Tjahja.

Untuk diketahui, Noer Tjahja divonis hukuman lima tahun penjara atas kasus tindak pidana korupsi pengelolaan gas di PT Sampang Mandiri Perkasa (SMP). Selain dia, mantan direktur utama PT SMP Hari Oetomo juga divonis lima tahun penjara dan denda Rp 250 juta. Sedangkan Direktur PT SMP Muhaimin Buchori divonis 10 tahun penjara dengan denda Rp 400 juta. 

(mr/fat/hud/luq/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news