Jumat, 16 Nov 2018
radarmadura
 
icon featured
Salera

Niwar Sudiyanto Bersepeda hingga Luar Kota

Kamis, 01 Feb 2018 17:44 | editor : Abdul Basri

CINTA OLAHRAGA: Kepala Pukesmas Sepulu Niwar Sudiyanto saat bersepeda.

CINTA OLAHRAGA: Kepala Pukesmas Sepulu Niwar Sudiyanto saat bersepeda. (NIWAR FOR Radar Madura/JawaPos.com)

BANGKALAN – Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kalimat itu dilontarkan Kepala Puskesmas Sepulu Niwar Sudiyanto saat ngobrol perihal pentingnya berolahraga Selasa (30/1). Salah satunya bersepeda.

Bagi Niwar, bersepeda bukan sekedar hobi, tetapi juga menyehatkan. Hampir sertiap hari dia bersepeda. Minimal selama satu jam. ”Hobi saya memang bersepeda. Saya setiap hari bersepeda. Paling kalau hujan saja gak bersepeda,” ucapnya.

Selain mengelilingi perkotaan, Niwar juga bersepeda ke pelosok desa. Dia mengaku biasa bersepeda dari Sepulu menuju Kota Bangkalan. Bahkan, pernah hingga Surabaya.

Agar sehat, kata Niwar, selain rutin berolahraga, juga harus mengonsumsi makanan kaya vitamin serta istirahat yang cukup. ”Saya tergabung dalam Germas (Gerakan Masyarakat Sehat),” terangnya.

Niwar menambahkan, ada dua penyebab seseorang bisa terserang penyakit. Yakni, karena infeksi dan non infeksi. Infeksi disebabkan oleh bakteri atau kuman. Sementara non infeksi karena tidak menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

(mr/bam/onk/han/bas/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia