Senin, 14 Oct 2019
radarmadura
icon featured
Madura Events

Dandim Sumenep Apresiasi Perempuan Menginspirasi

23 November 2017, 16: 14: 00 WIB | editor : Abdul Basri

Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Budi Santosa.

Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Budi Santosa. (KODIM SUMENEP FOR Radar Madura/JawaPos.com)

Share this      

SUMENEP – Pergelaran akbar Madura Awards (MA) 2017 dipastikan lebih meriah dan spektakuler. Dukungan demi dukungan pun terus berdatangan dari masyarakat. Tak terkecuali Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Budi Santosa.

Bagi pria yang hampir dua tahun bertugas di Sumenep ini mengatakan, perhelatan MA itu penting. Bahkan, sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat setiap tahun. Apalagi, tahun ini kategori tokoh populer semakin lengkap dengan pilihan pembaca terhadap sosok perempuan inspiratif.

Menurut dia, tokoh perempuan inspiratif patut disematkan kepada para perempuan yang memiliki peran penting di luar peran sebagai ibu rumah tangga. Mereka adalah perempuan yang memiliki kreasi dan inovasi di bidangnya masing-masing.

”Yang bisa memberikan inspirasi bagi perempuan lainnya di luar sana,” tutur suami Ny Ratu Pucuk Cakra Wiguna saat ditemui di rumah dinasnya Rabu (22/11). Kontribusi para perempuan juga sangat positif bagi masyarakat, terutama kaum ibu. ”Bukan hanya kaum laki-laki, perempuan juga banyak yang menginspirasi,” jelasnya.

Falsafah hidup tentang dapur, sumur, dan kasur bagi seorang istri dimaknai sangat luas agar para perempuan memberikan pelayanan kepada suami sebagai bentuk bakti penghormatan dan cinta kasih kepada suami. Ini sangat relevan apabila seorang perempuan memiliki banyak peran lain di luar mampu menginspirasi dan berkontribusi positif bagi sesama.

Perempuan mampu berkomunikasi dengan masyarakat luas dalam kegiatan-kegiatan sosial seperti bakti sosial (baksos) dan sejenisnya. Banyak cara bagi seorang perempuan untuk bisa lebih baik di zaman yang serbacanggih ini. Dengan hadirnya alat-alat canggih, bisa jadi pekerjaan di rumah terbantu.

Meski demikian, tetap ada hal yang tidak bisa diwakilkan kepada siapa pun untuk melakukannya. Banyak hal teknis bisa dikerjakan oleh pembantu rumah tangga dan sejumlah mesin atau peralatan canggih. Namun, ada hal-hal spesifik harus istri yang melakukan.

Ada aktivitas yang tidak boleh diwakilkan kepada siapa pun karena menyangkut hal yang sangat pribadi pada diri istri. Mencurahkan cinta sepenuh jiwa adalah urusan istri secara pribadi kepada suami. Ini hal yang tidak bisa dilakukan pembantu atau diserahkan kepada pihak lain untuk melakukan.

Curahan cinta seorang istri bisa berwujud aneka jenis aktivitas di dapur, di sumur, di kasur maupun di tempat lainnya. ”Demikian tentang bagaimana posisi istri dalam rumah tangga,” tuturnya.

Karena iitu, kategori tokoh perempuan inspiratif sangat tepat diberikan kepada perempuan yang memiliki peran penting di Madura. ”Semoga setelah perhelatan ini akan banyak perempuan-perempuan yang menginspirasi di Madura,” harapnya. 

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia