Sabtu, 18 Jan 2020
radarmadura
icon featured
Bangkalan

Disdag Coret Program Pembinaan PKL

13 November 2017, 17: 42: 50 WIB | editor : Abdul Basri

TIDAK TERTATA: Seorang PKL menunggu pelanggan di sekitar Alun-Alun Bangkalan, Sabtu (11/11).

TIDAK TERTATA: Seorang PKL menunggu pelanggan di sekitar Alun-Alun Bangkalan, Sabtu (11/11). (A. YUSRON FARISANDY/Radar Madura/JawaPos.com)

Share this      

BANGKALAN – Tahun ini, Dinas Perdagangan (Disdag) Bangkalan menyediakan anggaran Rp 148.411.600 untuk pembinaan pedagang kali lima (PKL) dan asongan. Sayangnya, kegiatan ini dipastikan gagal terealisasi.

Alasan disdag, lebih memfokuskan pada pengembangan pasar. Bahkan, instansi tersebut mencoret program pembinaan PKL dan asongan pada 2018 mendatang. Dengan demikian, tidak ada anggaran yang di-plotting untuk kegiatan itu.

”Penataan ulang belum ada. Masih fokus revitalisasi pasar dulu. Pengajuan ke pusat juga akan diusulkan di APBD 2018 untuk pasar,” kata Kepala Disdag Bangkalan Budi Utomo kemarin (12/11).

Menurut Budi, anggaran ratusan juta yang tertera di APBD 2017 memang diperuntukkan penataan dan pembinaan PKL dan asongan. Seperti pusat makanan rakyat (pumara) di kawasan Stadion Gelora Bangkalan (SGB).

”Pada 2018 tidak ada rencana untuk penataan PKL. Karena kalau kami merencanakan, harus ada tindak lanjutnya. Termasuk masalah anggaran,” ucap mantan kepala Dinas Perikanan Bangkalan itu.

Terpisah, Anggota Komisi B DPRD Bangkalan M. Husni Syakur menilai, selama ini penanganan terhadap PKL Bangkalan memang masih lamban. Saat ini kian banyak pedagang baru bermunculan yang memanfaatkan trotoar sebagai tempat berjualan.

”Sepanjang jalan di stadion itu banyak kalau malam. Di alun-alun itu juga ada. Penataan ulang itu perlu,” pintanya.

Politikus PDI Perjuangan itu menambahkan, jika pemerintah menyediakan tempat bagi PKL, kemungkinan besar pedagang tidak akan berjualan di trotoar. ”Secara umum kondisi ini akan kami evaluasi dengan dinas terkait. Sehingga, ada perhatian khusus nantinya untuk penataan PKL,” paparnya. 

(mr/bad/onk/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia