alexametrics
Minggu, 17 Jan 2021
radarmadura
Home > Bangkalan
icon featured
Bangkalan

Harjad Kuras APBD Rp 1 Miliar, Paling Besar Anggaran Disbudpar

16 Oktober 2017, 17: 24: 49 WIB | editor : Abdul Basri

LENGANG: Sejumlah kendaraan melewati monumen di dekat Alun-Alun Bangkalan.

LENGANG: Sejumlah kendaraan melewati monumen di dekat Alun-Alun Bangkalan. (A. YUSRON FARISANDY/Radar Madura/JawaPos.com)

Share this      

BANGKALAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan bakal menggelar gawe besar bulan ini. Jika tidak ada perubahan, puncak hari jadi (harjad) ke-486 akan dihelat pada Selasa (24/10). Guna menyukseskan acara tahunan itu, APBD mengalokasikan anggaran hingga Rp 1 miliar.

Total keseluruhan anggaran kegiatan itu mencapai Rp 1.080.802.400. Alokasi anggaran Harjad Bangkalan itu tersebar di organisasi perangkat daerah (OPD). Termasuk sekretariat DPRD dan 18 kecamatan.

Jatah dana harjad yang cukup besar hanya tiga OPD. Di antaranya, dinas kebudayaan dan pariwisata (disbudpar) senilai Rp 140.243.400. Kemudian disusul dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMTSP) Rp 37 juta. Berikutnya, sekeretariat kabupaten (setkab) yang mencapai Rp 30 juta.

Kepala Bappeda Bangkalan Moh. Fahri mengutarakan, harjad merupakan kegiatan rutin pemkab setiap tahun. Upacara sakral akan digelar 24 Oktober 2017. Masing-masing OPD memiliki kegiatan tersendiri untuk menyemarakkan harjad ke-486 itu.

”Anggaran untuk harjad tidak menumpuk di satu OPD. Tapi, tersebar di semua OPD. Makanya, kami tidak tahu,” ujarnya Minggu (15/10).

Fahri mengungkapkan, di dalam APBD itu sudah tercantum. Karena itu, semua OPD punya hak untuk menyelenggarakan. Meski demikian, mengenai bentuk kegiatan menjadi kewenangan masing-masing OPD. ”Hanya tetap disesuaikan dengan OPD itu sendiri. Misalnya, kegiatan lomba kerapan sapi, itu bidangnya disbudpar. Nah, OPD yang lain juga demikian,” kata Fahri.

Prinsipnya, harjad ini merupakan bentuk refleksi atas keberadaan Bangkalan hingga sekarang. Karena itu, sebagai penerus orang Bangkalan, sudah sepantasnya merayakan dengan upaya dan kemampuan yang ada. ”Harjad tidak hanya dinikmati birokrasi, tapi masyarakat Bangkalan secara umum juga bisa terlibat,” tuturnya.

Sementara itu, Sekkab Bangkalan Eddy Moeljono menyampaikan, tahapan menuju puncak harjad sudah disiapkan. Di tiap OPD juga mulai dimantapkan. Sebab, tiap OPD memiliki kegiatan tersendiri dalam peringatan harjad ke-486.

”Semoga tidak ada kendala dan sukses. Kemudian, masyarakat bisa menikmati dengan kegiatan-kegiatan hiburan dan seremonial nanti,” harap Eddy.

(mr/daf/luq/han/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news