Kamis, 17 Oct 2019
radarmadura
icon featured
Sastra & Budaya

Peserta Sayembara Puisi Ada Yang Tak Cukup Syarat

22 September 2017, 17: 10: 45 WIB | editor : Abdul Basri

Peserta Sayembara Puisi Ada Yang Tak Cukup Syarat

Share this      

JAKARTA - Salah satu rentetan Hari Puisi Indonesia (HPI) Ke-5 2017 adalah sayembara buku puisi. Panitia telah menerima 230 buku kiriman para penyair. Namun, tidak semua memenuhi persyaratan.

Koordinator Sayembara Buku Puisi Nel Sukini bersama Ariani Isnamurti yang sekaligus sebagai bendahara Panitia HPI telah membuka dan menunggu pengiriman buku penyair dari seluruh Indonesia sejak 20 April hingga 20 September 2017.

"Yang sampai ke meja panitia saat ini sekitar 230 buku puisi," katanya dalam keterangan tertulis yg diterima redaksi Jumat (22/9).

Nel mengatakan, ada peserta yang mengirim buku tidak memenuhi persyaratan. Seperti mengirim hanya 1 ekslempar buku. Padahal harus 5 ekslempar untuk 1 judul kumpulan puisi.

Selain itu, ada yang tidak memiliki ISBN. Sementara syaratnya harus memiliki ISBN. Ada pula yang mau mengirim buku antologi puisi bersama. Padahal syaratnya mesti kumpulan puisi tunggal atau perseorangan. "Tetapi tahun ini tidak banyak yang demikian," ungkapnya. 

Dewan Juri Sayembara Buku Puisi yang terdiri dari Maman S. Mahayana, Sutardji Calzoum Bachri, dan Abdul Hadi WM akan memilih satu buku puisi terbaik dan dan lima buku puisi pilihan.

Buku puisi terbaik akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp 50 juta dan lima buku puisi pilihan masing-masing mendapatkan uang tunai Rp 10 juta beserta trofi dan piagam penghargaan dari Yayasan Hari Puisi.

Panitia HPI 2017 Sofyan RH. Zaid mengatakan, pengumuman pemenang sayembara akan disampaikan pada Malam Anugerah HPI 2017. "Diumumkannya di Malam Anugerah, tanggal 4 Oktober 2017," ujar penyair yang juga sekretaris dewan juri itu.

Ketua Panitia HPI 2017 Asrizal Nur mengatakan, Sayembara Buku Puisi adalah bagian dari rentetan acara perayaan HPI 2017. Puncaknya akan digelar pada 1-4 Oktober 2017 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

"Peserta Sayembara Buku Puisi ini dari berbagai pelosok negeri. Bahkan diikuti baik dari penyair pemula hingga penyair yang sudah punya nama," katanya. (*/luq)

(mr/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia