alexametrics
Minggu, 17 Jan 2021
radarmadura
Home > Sumenep
icon featured
Sumenep

Dari Warga hingga Presiden Ikut Berbagi di Al-Amien Prenduan

03 September 2017, 01: 22: 32 WIB | editor : Abdul Basri

BERAMAL: Prosesi penyembelihan hewan kurban dari Presiden RI Joko Widodo di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sabtu (2/9).

BERAMAL: Prosesi penyembelihan hewan kurban dari Presiden RI Joko Widodo di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sabtu (2/9). (MUSTAJI/Radar Madura/JawaPos.com)

Share this      

SUMENEP Hari Raya Idul Adha dimanfaatkan umat Islam untuk menambah amal. Salah satunya dengan berkurban. Bahkan, sapi bertulis ”presiden” pun juga dipotong.

Pondok Pesantren Al-Amien memiliki tradisi menyembelih puluhan hewan kurban. Jawa Pos Radar Madura menyaksikan langsung pemotongan hewan kurban itu Sabtu (2/9). Sampai di lokasi jagal sudah dipenuhi pria berbagai usia.

Ada yang sudah beruban. Ada yang rambutnya masih belum tumbuh sempurna atau masih balita. Mereka menyaksikan para petugas jagal sedang bekerja. Sekitar 20 petugas jagal yang bertugas hari itu. Dengan parang dan pisau, mereka menyembelih dan memotong daging sapi satu demi satu.

Setelah beberapa saat, seorang petugas datang ke lokasi dengan membawa seekor sapi. Ukurannya lebih besar dari kebanyakan yang lain. Dibutuhkan sekitar dua belas orang untuk merobohkan sapi yang bertuliskan ”Presiden RI” di perutnya itu.

Tulisan tersebut sontak menyita perhatian warga pesantren yang hadir. Beberapa orang sempat membuat candaan. ”Lho.. presiden mau disembelih,” ucap seorang santri. Candaan itu langsung diikuti gelak tawa beberapa santri lain.

Santri itu merasa tergelitik dengan tulisan. Jika disalahartikan bisa mengandung makna sarkasme. Semua orang yang hadir di tempat itu tahu, bahwa tulisan tersebut berarti sapi itu adalah hewan kurban dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

”Sapi ini merupakan hewan kurban dari Bapak Presiden kita,” jelas panitia kurban Ustad Harun Arrasyid. ”Selama saya bertugas di sini, ini kali pertama Pak Presiden berkurban di sini. Ini merupakan kebanggaan untuk kami,” ungkap pria berjenggot itu.

Bukan hanya presiden yang berkurban di Ponpes Al-Amien Prenduan. Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Machfud Arifin juga melakukan hal yang sama. ”Pak Kapolda juga kurban seekor sapi di sini. Sama seperti Pak Presiden,” ungkap Harun sambil terus memerhatikan prosesi pemotongan sapi kurban milik presiden.

Tahun ini  45 ekor sapi dan 30 ekor kambing disembelih. Selain dari presiden dan Kapolda Jatim, hewan-hewan kurban itu berasal dari warga sekitar, orang tua santri, dan alumni. Dia juga mendoakan agar hajat dari orang-orang yang berkurban diijabah oleh Tuhan Yang Maha Esa.

”Saya mewakili Dr KH Achmad Fauzi Tidjani selaku pimpinan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan mengucapkan banyak terima kasih kepada Pak Presiden, Pak Kapolda, dan seluruh umat Islam yang berkurban di sini atas kepercayaannya kepada kami,” pungkasnya.

(mr/c9/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news