Senin, 20 May 2019
radarmadura
icon featured
Ekonomi Bisnis

ATM BRI Tidak Mengalami Gangguan

30 Agustus 2017, 06: 00: 59 WIB | editor : Abdul Basri

MASIH BERFUNGSI: Sejumlah nasabah melakukan transaksi di ATM Bank Mandiri KCP Bangkalan di Jalan Soekarno-Hatta Selasa (29/8).

MASIH BERFUNGSI: Sejumlah nasabah melakukan transaksi di ATM Bank Mandiri KCP Bangkalan di Jalan Soekarno-Hatta Selasa (29/8). (A. YUSRON FARISANDY/ Radar Madura/JawaPos.com)

PAMEKASAN - Tidak semua ATM mengalami gangguan. Masih banyak ATM yang berfungsi normal. Seperti ATM BRI yang semuanya tidak mengalami gangguan. Sebab, BRI memiliki satelit sendiri.

Asisten Manajer Pemasaran Dana BRI Kantor Cabang Bangkalan Holis menyampaikan, seluruh mesin ATM BRI di Bangkalan aman dan berfungsi normal. Sebab, BRI memiliki satelit sendiri. Dia menjelaskan, ada 41 unit ATM BRI di Bangkalan. Puluhan ATM itu tersebar di semua unit kerja (uker), kantor cabang, dan teras BRI.

Jika nasabah menemukan masalah pada ATM BRI, Holis meminta agar langsung melapor ke kantor BRI terdekat. ”Agar dilakukan penanganan cepat,” katanya.

Di Sumenep, BRI merupakan pemilik ATM terbanyak di antara bank lainnya. Semua ATM milik BRI tidak ada yang mengalami gangguan. ”Kami sudah menggunakan satelit sendiri. BRISat namanya. ATM kami bebas gangguan. Sebanyak 40 ATM BRI di Sumenep aman,” ujar Pimpinan Cabang BRI Sumenep Dekhi Ensya Permadi.

Sementara itu, Kepala BNI Cabang Pamekasan Hani Setiawan menyampaikan, sebagian besar ATM milik BNI berfungsi normal. Dari 113 unit ATM di seluruh Madura, hanya empat yang tidak berfungsi. Yaitu di Sampang, RSUD Pamekasan, RSUD Sumenep, dan di Kecamatan Blega, Bangkalan. ”Tapi, satu di antara empat ATM itu sudah bisa difungsikan,” katanya kemarin (29/8).

ATM tidak berfungsi normal karena ada gangguan satelit Telkom 1. Untuk yang tidak menggunakan satelit Telkom 1, ATM bisa digunakan sebagaimana biasanya. BNI pusat sudah berkoordinasi dengan pihak Telkom agar segera dilakukan perbaikan.

”Sudah dilakukan perbaikan. Semoga tidak lama lagi layanan ATM yang eror bisa difungsikan,” harapnya. Penanganan sementara, dioptimalkan BNI Layanan Gerak (BLG). Yaitu, fasilitas mobil BNI yang dilengkapi ATM sehingga nasabah tetap bisa bertransaksi.

Agung Dharmono selaku Media Operasional Manajer KCP Mandiri Pamekasan menjelaskan, beberapa hari terakhir ini ada gangguan satelit Telkom 1 sehingga berdampak pada ATM yang menggunakan satelit tersebut. ”Bank Mandiri juga terdampak. Di Madura ada beberapa ATM Bank Mandiri yang tidak bisa difungsikan,” ujarnya.

Solusinya, Bank Mandiri memberikan informasi kepada nasabah agar menggunakan ATM yang tidak mengalami gangguan. ”Ada lima ATM Bank Mandiri di Pamekasan yang terdampak. Untuk sementara tidak bisa difungsikan, menunggu perbaikan dari pusat,” terangnya.

Dia mengimbau nasabah tidak panik. Sebab, hal itu hanya gangguan teknis. Dalam waktu dekat, ATM bisa berfungsi normal kembali.

Gangguan ATM juga dirasakan warga Bangkalan. Kemarin beberapa ATM mengalami masalah sehingga tidak bisa digunakan bertransaksi. Di Bangkalan, ada empat bank yang memiliki ATM. Yakni BCA, BNI, BRI, dan Bank Mandiri. Total ada 97 unit ATM di Kota Salak milik empat bank itu.

Branch Manager Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bangkalan Dwiyanto Raharjo mengatakan, sejauh ini belum ada laporan gangguan ATM Bank Mandiri. Dia memastikan ATM berfungsi normal.

”ATM di luar kantor dikelola wilayah dari Surabaya, kami tidak ikut-ikut. Yang dikelola kantor cabang ada tiga. Masih normal,” ucapnya.

Dia berpesan, jika ada masalah pada ATM Bank Mandiri, nasabah sebaiknya langsung melapor. Pihak bank menyediakan pengaduan nasabah. ”Seperti tidak ada uangnya, tapi masih menyala. Uangnya tidak keluar. Kalau ada gangguan tidak perlu panik,” saran pria yang akrab disapa Anto itu.

Pemimpin BNI KCP Bangkalan Dijah Anggorowati menyampaikan, gangguan ATM terjadi di seluruh Indonesia. Bukan hanya di Bangkalan. ”Masalah ini kami tangani dengan baik. Kami dibantu BNI Cabang Pamekasan,” jelasnya.

Pihaknya berjanji tidak akan membiarkan nasabah kebingungan dengan ATM yang mengalami gangguan. Dia mengaku nasabah sudah diberi pemahaman mengenai ATM error tersebut. ”Nasabah tidak kami telantarkan. Kami layani semaksimal mungkin. Apa pun yang dibutuhkan nasabah, kami cover,” janjinya.

Meski gangguan terjadi di seluruh wilayah Indonesia, pihaknya tetap menyampaikan permintaan maaf kepada nasabah. ”Kami minta maaf kepada nasabah,” ucapnya.

Ada 33 ATM milik BNI di Bangkalan. Perinciannya, 31 tarik tunai dan dua setor tarik. Ada lima ATM BNI yang mengalami gangguan di Bangkalan. Yakni, dua di Kantor Kas Trunojoyo dan tiga di Kantor Kas Blega. ”Sedangkan 28 ATM lainnya lancar,” ungkap Dijah.

Di Sumenep, data diperoleh Jawa Pos Radar Madura, ada 14 unit ATM milik Bank Mandiri, 40 unit ATM BRI, 26 unit ATM BNI, dan 10 ATM BCA.

Dari jumlah tersebut, tiga unit ATM Bank Mandiri mengalami gangguan akibat rusaknya satelit Telkom 1. Yaitu, ATM di Mapolres Sumenep, ATM di SPBU dekat kampus Wiraraja, dan ATM di kampus Wiraraja.

”Ada tiga unit ATM yang mengalami gangguan akibat rusaknya satelit Telkom 1,” ungkap Kepala Cabang Bank Mandiri Sumenep Muhammad Irwin kemarin (29/8). Menurut Irwin, gangguan tersebut terjadi sejak Jumat malam (25/8).

Dia belum bisa memastikan kapan gangguan tersebut dapat diatasi. Hanya, kata dia, manajemen Bank Mandiri pusat berusaha mengatasi gangguan dengan mengganti jaringan menggunakan satelit alternatif.

Irwin mengimbau nasabah tidak perlu panik. Sebab, saat ini sudah ada banyak fitur yang mendukung transaksi perbankan tanpa menggunakan ATM. ”Misalnya, internet banking, SMS banking, dan SMS mobile,” jelasnya.

Sebanyak 26 unit ATM BNI di Sumenep juga aman dari gangguan. Pemimpin Cabang BNI Sumenep Heru Darmawan menyarankan agar nasabah memanfaatkan kartu ATM merah-putih. Menurut Heru, kartu ATM tersebut sangat berguna bagi nasabah saat salah satu perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Hibara) mengalami gangguan.

”Dengan menggunakan kartu ATM itu, nasabah bisa bertransaksi di ATM semua bank yang tergabung dalam Hibara dengan gratis,” tuturnya.

(mr/sin/bad/c9/hud/han/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia