alexametrics
Selasa, 02 Mar 2021
radarmadura
Home > Bangkalan
icon featured
Bangkalan

Pengaman Tak Mempan Dirazia, Dinsos Bangkalan Geram

02 Agustus 2017, 00: 06: 40 WIB | editor : Abdul Basri

SANTAI: Sejumlah pengamen mangkal di kawasan SGB Bangkalan Selasa.

SANTAI: Sejumlah pengamen mangkal di kawasan SGB Bangkalan Selasa. (VIVIN AGUSTIN HARTONO/Radar Madura/JawaPos.com)

Share this      

BANGKALAN – Berkali-kali penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) terjaring razia petugas gabungan di Bangkalan. Namun, mereka yang kebanyakan anak jalan (anjal) tidak pernah jera. Dinas sosial (dinsos) dan satpol PP pun kewalahan.

Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Bangkalan Ahmad Ready menjelaskan, PMKS yang terkena razia beberapa waktu lalu hanya tiga orang. Itu pun hanya anjal kategori pengamen.

Karena berasal dari Bangkalan, lanjut dia, sesuai aturan hanya diberikan pembinaan. Terlebih masih di bawah umur. ”Kami minta pendampingan dan pembinaan dari pihak keluarga. Kalau dari luar daerah ada tempat penampungan khusus,” ucapnya Selasa (1/8).

Selama ini dinsos bersama instansi lainnya sering kali merazia PMKS. Namun belum bisa memberikan efek jera.

Menurut Ahmad, lembaganya memang diwajibkan setiap tahun untuk menggelar kegiatan razia bagi PMKS di Bangkalan. ”Kalau di lampu-lampu merah sudah agak jarang dibandingkan tahun sebelumnya. Beberapa hari lalu dari satpol PP juga koordinasi dengan kami,” terangnya.

Dia mengaku geram dengan PMKS yang mokong. ”Coba bukan dari Bangkalan sudah kami kirim ke Sidoarjo. Tapi apa daya, hanya diberikan pembinaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Satpol PP Bangkalan Muhammad Rufai menyatakan, pihaknya memang sudah melakukan koordinasi dengan dinsos. Pembahasannya mengenai penertiban PMKS. ”Tetap perlu koordinasi. Kami selalu siap jika diajak kerja sama untuk penertiban,” ucapnya.

Perlu diketahui, anggaran untuk penanganan PMKS tahun ini sebesar Rp 15,8 juta. Sementara untuk penyuluhan dan pendataannya mencapai Rp 45,5 juta. Total anggaran Rp 61 juta. 

(mr/bam/han/bas/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news