Jumat, 20 Jul 2018
radarmadura
icon featured
Features

Abu Rizal, Pemuda Sampang Peraih Malaysia Volunteer 2018

Senin, 25 Jun 2018 12:56 | editor : Abdul Basri

MENGINSPIRASI: Abu Rizal mengajar puluhan anak secara gratis di Desa Daleman, Kecamatan Kedungdung, Sampang, Minggu (24/6).

MENGINSPIRASI: Abu Rizal mengajar puluhan anak secara gratis di Desa Daleman, Kecamatan Kedungdung, Sampang, Minggu (24/6). (RUSYDI ZAIN/Radar Madura/JawaPos.com)

SAMPANG – Abu Rizal satu-satunya pemuda Sampang yang lulus ajang Malaysia Volunteer 2018. Sepak terjangnya sebagai relawan pendidikan mengantarkan dia sebagai pelopor pendidikan mewakili Sampang di Jawa Timur.

Bangsa yang maju pendidikannya baik. Amanah pasal 9 ayat (1) Undang-Undang 23/2002, seluruh rakyat Indonesia berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran.

Berawal dari rasa prihatin melihat generasi muda sekitar, pemuda yang akrab dipanggil Rizal itu membuka kursus bahasa Inggris secara gratis di rumah. Alasan lain yang mendasari membuka kursus bahasa Inggris gratis di pelosok desa karena di wilayah perkotaan biaya kursus mahal.

Pada Januari 2017, kursus bahasa Inggris gratis di desa dibuka untuk umum. Tak butuh waktu lama, puluhan anak SD, SMP, dan SMA berdatangan untuk mengikuti kursus bahasa Inggris di rumah Rizal di Desa Daleman, Kecamatan Kedungdung, Sampang.

Seiring berjalannya waktu, pemuda yang sangat peduli terhadap pendidikan itu sudah memiliki anak didik 80 orang dari Kecamatan Kedungdung dan Robatal. Rizal memutuskan mengajak empat temannya menjadi relawan sebagai tutor di tempat kursus yang dia rintis.

”Kursus bahasa Inggris gratis bagi anak desa ini murni karena kami melihat banyak anak-anak di pelosok desa yang tak berkesempatan karena terkendala biaya,” tutur pemuda 20 tahun itu Minggu (24/6).

Berkat itu, pemuda yang pernah nyantri di Pondok Pesantren Miftahut Thullab Gedangan, Kecamatan Kedungdung, sekaligus mahasiswa di STAI Nazhatut Thullab, tersebut dinobatkan sebagai Pemuda Pelopor Pendidikan 2018 Kabupaten Sampang.

Selanjutnya, pemuda yang lahir di pelosok desa itu dipercaya mewakili Sampang ke Jawa Timur sebagai Pemuda Pelopor Pendidikan 2018. Tahun ini dia tertarik menjadi salah seorang pemuda di Indonesia yang peduli terhadap pendidikan.

Keinginan itu mengantarkan Rizal mendaftar dan ikut seleksi Malaysia Volunteer 2018. Dia berhasil meraihnya. Pada 15–17 Juli 2018 dia akan berangkat ke Malaysia untuk bertemu anak para TKI.

”Alhamdulillah, dari ratusan peserta dari seluruh Indonesia yang mendaftar dan ikut seleksi, saya salah satu yang terpilih. Saya ingin membawa nama baik Sampang ke Malaysia sebagai pemuda yang peduli pendidikan,” jelasnya.

Selama tiga hari, Rizal akan memberikan pendidikan dan pengajaran sesuai bakat dan kemampuan masing-masing volunteer. Selain itu, dia bakal membuat program jangka panjang serta program culture exchange.

”Selain mengajari anak TKI di Malaysia, saya nanti juga akan mengunjungi tempat-tempat menarik yang ada di Malaysia dalam rangka mengenal budaya selain Indonesia. Itu untuk program culture exchange,” ujarnya.

Dia menyebutkan, banyak anak TKI di Malaysia yang belum mengenyam pendidikan. Terutama anak yang lahir dari TKI ilegal. ”Terus terang, kursus bahasa Inggris yang saya rintis tidak ada campur tangan pemerintah. Semua tutor yang berjumlah lima orang memberikan pendidikan tanpa imbalan. Semuanya relawan pendidikan,” terangnya.

Pemuda inspiratif 2018 oleh Organisasi Ikatan Solidaritas Pemuda untuk Rakyat itu menjelaskan, program kursus bahasa Inggris yang dirintisnya benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Menurut dia, banyak sekali generasi muda di Kecamatan Kedungdung dan Robatal mengerti dan paham bahasa Inggris.

”Saatnya kita peka terhadap lingkungan sekitar. Terutama pendidikan, karena pendidikan yang menentukan maju dan tidaknya bangsa ini,” ucap Rizal.

Dia berharap, pemerintah memfasilitasi seluruh pemuda yang memiliki inovasi berkaitan dengan pendidikan. Dari inovasi pemuda itulah, nama Sampang akan harum. ”Pemerintah harus peka. Saatnya merangkul pemuda yang memiliki skill dan inovasi untuk memajukan Sampang,” harapnya.

(mr/hud/luq/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia