Sabtu, 21 Jul 2018
radarmadura
icon featured
Hukum & Kriminal

Cegah Pungli Pelayanan Publik

Sabtu, 23 Jun 2018 17:01 | editor : Abdul Basri

Cegah Pungli Pelayanan Publik

SAMPANG – Dugaan praktik pungutan liar (pungli) di sejumlah tempat pelayanan publik mendapat sorotan dari Pj Bupati Sampang Jonathan Judianto. Dia akan menggerakkan inspektorat untuk melakukan penyelidikan dan pengawasan.

Jonathan mengatakan, untuk mendeteksi praktik pungli di Sampang, perlu partisipasi masyarakat secara intens. Menurut dia, semua penarikan biaya yang tidak sesuai dengan ketentuan merupakan pungli.

Sejauh ini, Pj bupati mengaku belum mendapat laporan secara resmi dan tertulis mengenai praktik pungli. Dia menegaskan, pungli merupakan larangan keras yang wajib dihindari oleh pejabat di Sampang.

”Menarik biaya di luar ketentuan adalah pungli. Itu harus dihindari,” tegas Jonathan Jumat (22/6). Dia mengaku memperingatkan pejabat yang bertugas di pelayanan publik secara langsung. Seperti di kependudukan, perizinan, dan perhubungan.

Jika ditemukan praktik pungli, Pj bupati akan menindak oknum tersebut sesuai prosedur yang sudah ditetapkan di Sampang. Ke depan, pihaknya akan memaksimalkan peran dan tugas inspektorat untuk mendeteksi pelayanan yang diduga rawan pungli.

Jonathan menegaskan, Sampang harus bebas dari pungli. ”ASN harus memberikan pelayanan sesuai ketentuan. Kami akan tindak tegas jika ada praktik pungli,” pungkasnya.

Ketua DPRD Sampang Imam Ubaidillah menyatakan, praktik pungli sebenarnya tercium sejak lama. Menurut dia, pungli terjadi di semua pelayanan publik. Hanya, pembuktian pungli sampai saat ini masih sangat sulit.

Sebab, masyarakat yang menjadi korban pungli enggan melapor. Menurut Imam Ubaidillah, pungli harus dicegah oleh kepala organisasi perangkat daerah (OPD). Inspektorat juga tidak boleh diam dan menunggu laporan atau aduan.

Dia meminta, Pj bupati Sampang tegas menindak pelaku pungli. ”Jangan tebang pilih jika berkaitan dengan pungli. Saya harap langsung dieksekusi,” ujarnya. 

(mr/rus/hud/bas/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia